11/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Meski Diguyur Hujan, TNI-Polri dan Pelajar di Cilacap Tetap Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Guyuran hujan tak menyurutkan semangat para aparat TNI-Polri dan pelajar mengikuti upacara Hari Pahlawan dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono, Jeruklegi, Cilacap, Jateng, Rabu (10/11) pagi.

Upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke-76, dan diikuti prajurit TNI gabungan dari Kodim 0703 Cilacap dan Lanal Cilacap, serta aparat Kepolisian, pejabat Pemkab Cilacap, BUMN/BUMD, dan para pelajar.

Upacara dipimpin langsung Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi dihadiri Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Wakapolres Cilacap, Kompol Suryo Wibowo, Wakil Ketua DPRD Cilacap, Purwati dan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Cilacap, Hendry Tobing.

Komandan upacara dijabat Danramil 05 Nusawungu Kapten M Isa Saefudin dan perwira upacara oleh Pasipers Kapten Cpm Agus Santoso.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh segenap unsur Forkopimda, setelah sebelumnya peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Cilacap.

Upacara diawali dengan penghormatan, mengheningkan cipta untuk mendoakan arwah para pahlawan. Dilanjutkan peletakan karangan bunga kehormatan di tugu makam pahlawan oleh Dandim, diteruskan dengan tabur bunga di makam pahlawan yang diikuti seluruh peserta upacara.

Usai upacara, kepada awak media Dandim menegaskan bahwa tidak semua bangsa di dunia mempunyai Hari Pahlawan. Ada beberapa bangsa yang terhapus sejarahnya karena tidak punya pahlawan.

Dandim menyampaikan, banggalah kita bangsa Indonesia yang mempunyai Hari Pahlawan karena sampai hari ini kita menjadi bangsa yang besar karena menghargai jasa para pahlawannya.

“Hari ini kita berada di TMP Surengrono Cilacap, tanggal 10 November 2021 yang dipimpin oleh Bupati Cilacap, Ketua Pengadilan Negeri, Wakil Ketua DPRD, dan bersama saudara-saudaraku dari BUMD/BUMD, dan adik-adik pelajar,” jelasnya.

Pesan moral kepada generasi penerus bangsa, lanjut Dandim, kita diguyur hujan, maka langit akan menyaksikan kita menghargai jasa para pahlawan. Langit menjadi saksi bahwa bangsa Indonesia bisa berdiri tegak, besar hingga hari ini di usianya yang ke-76 karena menghargai jasa para pahlawan.

Maka, imbuh Dandim, jadilah kita generasi penerus, penjaga kehormatan, menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimulai dengan menghargai jasa para pahlawan.

Menurut Dandim, masih banyak tugas dan tanggung jawab kita, veteran-veteran, janda-janda veteran, yang masih ada di sekeliling kita. Termasuk TMP Surengrono yang merupakan cerminan atau etalase bagaimana kebesaran Cilacap atau bangsa Indonesia menghargai pahlawannya.

“Maju terus, yakinlah Indonesia adalah negara besar, karena bersama kita bisa, dan bersama kita kuat,” tegas Dandim usai upacara Hari Pahlawan dan ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *