26/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Melangkah Pasti Dengan Teknologi Informasi

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Badan Aksebikitas Teknologi Informasi (Bakti) menggelar seminar “Menuju Nusantara” melalui virtual zoom bertempat di Mixoli, Kebumen, Jumat (25/6/2021).

Aplikasi itu dimanfaatkan oleh masyarakat selaku peserta seminar sebagai Media Edukasi dan Bisnis seperti mahasiswa, ibu rumah tangga, komunitas dan karyawan wiraswasta dengan jumlah 200 orang peserta meeting zoom.

Ketua penyelenggara, Nadia Chairatu Sany menjelaskan, acara Bakti yang diselenggarakan oleh Kominfo dengan cara zoom yaitu zoom meeting yang di selenggarakan di 11 titik di wilayah Indonesia, dibawah naungan Kominfo dan bekerjasama dengan DPR RI.

“Acara ini pertama diselenggarakan di AKU dan sudah berjalan dari tahun 2018 yang nantinya akan diselenggarakan di beberapa wilayah seperti Banjarnegara dan daerah seputaran Jogja-Jawa Tengah,” kata Nadia.

Nadia menambahkan, tujuan dari kegiatan Bakti ini untuk penyelarasan universal pelayanan.

“Dan ini sesuai dengan daerah yang 3T dan ada 1 staf ahli kementerian, kominfo dan DPR RI sesuai wilayah masing-masing dan sesuai Dapilnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, adapun narasumber lokal yang salah satunya tersebut merupakan pegiat bisnis dan pegiat Media sosial (Medsos).

“Dengan adanya kegiatan tersebut, daerah 3T itu yang masih awam tentang zoom meeting maupun event-event digital, masyarakat makin melek digital. Jadi tidak hanya masyarakat di perkotaan yang sudah tersentuh saja yang tau, namun juga seluruh masyarakat Indonesia,” tuturnya.

Dalam seminar menghadirkan narasumber dari Kebumen yaitu Dimas Raditya Candra selaku Intrepeneur pelaku UMKM bidang sepatu di Kebumen dan Dede Kustiawan selaku Creative Worker dari Cingere.

Anggota pegiat Komunitas dari Kebumen saat ditemui mengatakan bahwa kegiatan itu sangatlah bermanfaat karena berbagi ilmu ke masyarakat tentang pemanfaatan internet di jaman sekarang.

“Saya tadinya bingung karena menganggur tidak bekerja. Sekarang dengan adanya internet, saya bisa memanfaatkan internet untuk berjualan baju melalui jasa online,” ungkapnya.

Dia menambahkan, tanpa modal yang besar, sekarang sudah bisa berusaha menjadi luar biasa.

“Yang terpenting produktif dalam berusaha,” ujarnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *