04/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Manfaatkan Peluang Pertanian, Agus Riyadi Alih Profesi Jadi Petani

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Di era saat ini, minat generasi muda pada sektor pertanian terus meningkat. Terbukti, kini kian banyak yang memanfaatkan peluang dan beralih profesi menjadi petani, salah satunya Agus Riyadi.

Pemuda asal Desa Karang Sari, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara yang tinggal di simpangan pertigaan Desa Kalilunjar.

Saat ditemui, pemilik UD Sida Trubus, Riyadi mengatakan, saat ini dibutuhkan regenerasi petani untuk bisa mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan juga moderen sehingga dapat meningkatkan perekonomian.

Sebelumnya, ia berprofesi sebagai peternak ayam dan kini beralih profesi akibat lonjakan harga bahan kebutuhan pokok maupun buah di masa pandemi saat ini yang dirasa hasilnya sangat menguntungkan baginya.

“Mulai dari cabe, satu eblek harganya mencapai 90ribu, cabe cengis satu eblek 60ribu, terong satu eblek 65ribu, kobis green 60ribu, lombok setan harganya mencapai 100ribu,” jelas Riyadi.

Ia menambahkan, untuk buah sendiri meliputi, jeruk, lemon California, duren, jambu merah, alpokat non biji, klengkeng matalada, anggur isabel, klengkeng merah porang dan jenis buah lainnya.

Menurutnya, peran petani muda sangat dinanti untuk dapat berkontribusi menciptakan inovasi baru di bidang pertanian sehingga dapat menciptakan nilai tambah komoditas pertanian.

“Generasi muda yang memiliki minat untuk mengelola usaha di bidang pertanian seharusnya diberikan pendidikan, penyuluhan dan pelatihan. Selain itu juga dukungan sarana dan prasarana hingga ke arah jejaring pemasaran oleh Pemerintah,” ujar Agus.

Agus berharap, nantinya dapat memasok hasil usahanya untuk kebutuhan sendiri dan berkeinginan agar dapat memasok ke daerah-daerah lain yang usahanya agar dapat berkembang.

“Kami juga ingin mengikuti pelatihan bilamana ada tentang penggunaan bibit yang berkualitas sehingga dapat memberikan bibit yang terbaik untuk masyarakat luas,” ungkapnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *