14/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Lupa Matikan Kompor Gas, Rumah Warga Ambal Alami Kebakaran 

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Hati-hati saat memasak. Cek kembali kompor saat ditinggal, jangan sampai api dari kompor menjalar dan menyebabkan kebakaran seperti di yang dialami oleh warga Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen ini.

Rumah milik Juneng (88) hampir ludes terbakar itu setelah ia lupa mematikan kompor gas saat memasak air sekitar pukul 07.00 WIB pada Jumat (13/8) pagi.

Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres, Iptu Tugiman mengatakan, meski tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun korban mengalami kerugian material kurang lebih sebanyak Rp 20 juta.

“Awalnya korban memasak air menggunakan kompor gas. Namun saat korban mau mematikan kompor, justru tuas kompor diarahkan ke api yang paling besar, lalu kompor ditinggal,” terangnya.

Saat api membesar tanpa pengawasan, api itu merembet lalu menyambar rak prabotan yang ada di sebelahnya kemudian menjalar ke semua bangunan dapur.

“Korban yang sudah Lansia tersebut tidak mengetahui jika dapurnya kebakaran. Justru korban yang berada di dalam rumah dievakuasi warga yang melihat kobaran api mulai membesar sekitar pukul 08.00 WIB,” jelasnya.

“Setelah mengevakuasi korban, warga berbondong-bondong datang dan memadamkan api,” tambahnya.

Sementara, Kapolsek Ambal, AKP Joko Maryono mengungkapkan, kebakaran baru bisa dipadamkan sekitar pukul 08.30 WIB atau setengah jam kemudian oleh warga menggunakan alat seadanya.

“Warga memadamkan dengan alat seadanya, menggunakan alat sedot air juga. Bisa dipadamkan kurang lebih setengah jam setelah diketahui kebakaran,” kata Joko.

Akibat kejadian itu api membakar ludes dapur, menjalar menuju kamar dan ruang depan rumah milik korban. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *