27/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

LSM GMBI Distrik Kebumen Lakukan Upaya Hukum Terhadap Ormas Yang Melakukan Penyerangan

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – LSM Gerakan Masyarakat Indonesia Bawah (GMBI) Distrik Kebumen menyayangkan adanya aksi yang dilakukan oknum ormas Pemuda Pancasila beberapa waktu lalu.

Hal tersebut diungkapkan Ketua LSM GMBI Distrik Kebumen Fuad Abdurrahman melalui Kuasa Hukumnya, Wendy saat konferensi pers, Kamis (26/8/2021) di Kantor Sekretariat GMBI, Jalan Yos Sudarso, Desa Wero, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Kuasa Hukum LSM GMBI Distrik Kebumen, Wendy menyampaikan bahwa pihaknya turut prihatin dan miris terkait adanya insiden yang melibatkan oknum ormas Pemuda Pancasila tersebut.

“Tentu saja kami akan melakukan upaya hukum terhadap ormas yang melakukan penyerangan,” tegas Wendy.

Wendy menambahkan, sebenarnya keluarga besar LSM GMBI sama sekali tidak menginginkan terjadi suatu keributan, saling serang, apalagi terjadi bentrok, baik di wilayah Gombong maupun di wilayah lainnya se Indonesia.

“Marilah kita bersama bangun persahabatan antar sesama lembaga manapun dan Ormas apapun, agar kedepannya terjalin hubungan dan komunikasi lebih baik sehingga tidak terjadi kesalahfahaman hingga menimbulkan pemahaman yang salah arti atau persepsi,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi terhadap kinerja jajaran Polres Kebumen yang dengan cepat merespon terkait dengan persoalan ini.

“LSM GMBI sejatinya, dibentuk bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan justru untuk bersinergitas bersama-sama dengan pihak jajaran Pemerintah, TNI, Polri maupun ormas serta membantu masyarakat yang kurang/tidak mampu, memberikan pelayanan hukum dan mengedukasi serta sebagai kontrol sosial,” tuturnya.

Ia meminta kepada Aparat Penegak Hukum terkait supremasi hukum, bahwasannya oknum yang kemaren diduga menjadi tersangka agar diproses sesuai hukum yang berlaku dan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak yang berwajib.

Wendy menghimbau kepada semua anggota LSM GMBI, terutama Distrik Kebumen agar menyudahi permasalahan yang terjadi dan kejadian ini jangan sampai terulang kembali.

“Ini yang terakhir kalinya. Meski berbeda ormas, namun tetap satu dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa NKRI. Sesuai amanat Pancasila setiap warga nagara wajib untuk Berbela Negara,” tegasnya.

Kuasa Hukum LSM GMBI Distrik Kebumen mengatakan, apabila pihaknya telah membuat banyak masyarakat yang merasa resah, atau kurang nyaman, mewakili LSM GMBI Distrik Kebumen meminta maaf dengan tulus kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Desa Wero, Kecamatan Gombong.

Meski sangat menyesalkan adanya kejadian tersebut, namun pihaknya berharap hal ini dapat menjadi awal yang baik untuk dapat menjalin hubungan dengan ormas manapun.

Tampak hadir dalam konferensi pers, Ketua GMBI Distrik Kebumen Fuad Abdurrahman beserta Sekretaris, Bendahara dan beberapa anggota LSM GMBI Kebumen, Ketua LBH GMBI, Wendy Napitupulu dan Kasat IntelKam Polres Kebumen, AKP Irfan Azyan. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *