04/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Lomba Inovasi Desa di Kebumen Berhadiah 10 Mobil Digelar Tahun Ini

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto terus mendorong Pemerintah Desa agar memiliki etos kerja atau budaya kerja yang baik, hal ini ditunjukan dengan konsep pengembangan desa agar masyarakat bisa hidup lebih aman, tentram, dan sejahtera.

Hal itu didorong melalui gelar perlombaan bagi Pemerintah Desa dalam hal ini Aparatur Desa yang berhasil menunjukan kinerja terbaiknya, yakni mereka yang mampu mengembangkan, dan memajukan desanya dengan melibatkan pemberdayaan masyarakat.

“Kita akan meningkatkan Desa lebih mandiri, dalam otonomi daerah, Kabupaten juga dituntut lebih mandiri. Mandiri disini bisa dalam hal penggunaan dana, atau bisa kreativitas untuk menunjang peningkatan PAD atau PADes. Inovasi ini termasuk yang akan dilombakan tingkat desa berhadiah 10 mobil,” ujar Arif usai menggelar Webinar bertajuk Best Practice Inovasi Daerah dan Penilaian Indeks Inovasi Daerah di Gedung F, Kompleks Sekda Kebumen, Rabu (4/8/2021).

Arif menyampaikan, hadiah itu tentu diberikan oleh Pemkab sebagai bentuk awards atau penghargaan kepada Kepala Desa atau Pemerintah Desa atas dedikasi dan kinerjanya dalam mengembangkan wilayah masing-masing.

 

“Ini adalah hadiah yang fantastis sebagai bentuk apresiasi kita terhadap kinerja seluruh Aparatur Desa. Jadi silahkan bekerja dengan baik,” tuturnya.

Bupati berharap, Desa bisa melakukan komunikasi yang baik dengan masyarakat dalam perlombaan ini. Sebab, ada beberapa kriteria yang dilombakan. Misalnya soal ketahanan pangan masyarakatnya, lalu kemiskinan, penggunaan anggaran desa, dan administrasinya.

“Bisa juga soal pelayanan, digitalisasi, kemudian potensi wisata desanya. Jadi banyak kriterianya, tahun ini sudah kita lombakan. Untuk hadiah mobilnya diberikan pada tahun 2022 mendatang,” katanya.

Arif menambahkan, mobil yang diberikan nantinya juga akan disesuaikan dengan kebutuhan desa. Bisa jadi mobil ambulance, atau juga bisa mobil oprerasional. Setiap Desa punya kebutuhan masing-masing. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *