24/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Lolos Tingkat Provinsi, Siswa SMPN 4 Cilacap Ikuti Seleksi Timnas U-16

CILACAP (BANYUMAS POS) – Situasi pandemi Covid-19 tak membuat Faurril Zida Pangestu, siswa kelas IX SMP Negeri 4 Cilacap patah semangat untuk mewujudkan prestasinya di sekolah. Prestasinya ia tunjukan di bidang sepakbola.

Kamis hingga Sabtu (22-24/4/2021) ini, ia mengikuti seleksi Tim Nasional U-16.
Faurril mengawali seleksi dari perwakilan Kabupaten/Kota ditingkat provinsi Jawa Tengah.

Ada sekitar 900 peserta seleksi dari Kabupaten/kota di Jawa Tengah dan 3 pemain wakil dari Kabupaten Cilacap, salah satunya Faurril yang harus berjuang agar lolos seleksi.

Persaingan seleksi antar pemain tersebut sangat ketat, namun pada akhirnya Faurril Zida Pangestu siswa kelas IX dari SMP Negeri 4 Cilacap berhasil lolos untuk mengikuti seleksi Timnas U-16.

Pelatih Faurril di SMPN 4 Cilacap, Landung Baskoro mengungkapkan, Faurril masuk daftar guru sambang yaitu siswa yang berkendala dalam pembelajaran daring.

Guru sambang ini adalah program sekolah dengan guru datang ke rumah siswa yang berkendala, seperti tagihan tugas masih banyak, jarang masuk dalam vicon dan lainnya.

“Setelah mengetahui Faurril tengah latihan tiap pagi dan sore hari untuk mempersiapkan seleksi Timnas U 16, sebagian guru memaklumi dan memberi sedikit kelonggaran dalam mengerjakan tugas” kata Landung.

Dia menjelaskan, bahwa sebagian besar anak dalam bidang akademik sepakbola agak lemah. Meskipun demikian, ia yakin sebenarnya anak-anak yang berprestasi dibidang olahraga adalah anak-anak cerdas.

“Mungkin karena rasa capek dalam latihan yang luar biasa ketatnya sehingga mereka seperti itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, Landung menambahkan, guru harus selalu memantau perkembangan siswa seperti itu dalam pembelajaran. Pendidikan karakter harus diutamakan.

“Dalam pembelajaran deferensiasi, guru harus meyakini bahwa potensi siswa itu sangat beranekaragam dan unik, sehingga guru menuntun siswanya dalam meraih masa depannya dengan mengetahui potensi masing-masing para siswa,” tandasnya.

Menurutnya, Faurril termasuk salah satu siswa yang mempunyai potensi kecerdasan kinestetik, sehingga untuk akademik tidak perlu dipaksakan.

SMP Negeri 4 Cilacap memiliki segudang prestasi, salah satunya di bidang olahraga. Diawali dengan Juara 1 Liga Pelajar Tingkat Kabupaten Cilacap pada tahun 2018, 2019 dan 2020.

Faurril sendiri sebelumnya telah meraih prestasi di bidang olahraga dengan memperoleh Juara l Gala Siswa Indonesia SMP se-Kabupaten Cilacap tahun 2018 dan 2019 lalu.

Sementara, Kepala SMPN 4 Cilacap, Sarwadi berpesan kepada Faurril sebelum berangkat seleksi Timnas U-16 agar menjaga sholat dan menjaga nama baik Kabupaten Cilacap.

“Kedua orang tua, bapak ibu guru selalu berdoa dan berjuang demi kesuksesannya Semoga dia bisa lolos dan menjadi pemain Timnas,” ucapnya. (Gal/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *