10/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Lima Rumah di Kebumen Mendapat Bantuan Bedah Rumah dari Rotary Club

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Paiman, warga Desa Ayamputih, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen mendapat bantuan bedah rumah dari dan Rotary Tugu Jogja dan Rotary Club Walet Kebumen. Sebanyak lima Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kebumen dibedah.

Terlihat warga bersama anggota TNI dan Polri gotong royong melakukan bedah rumah milik Paiman yang sudah tidak layak huni tersebut.

Dalam kesempatan itu, Chatered President (CP) Rotary Club Walet Kebumen, Sugeng Budiawan bersama District Officer Public Image DIY & Jateng Rachel Yuliani serta sejumlah Rotarian mensurvei langsung pembangunan rumah tersebut, Senin (9/8/2021).

“Kami sudah melakukan survei di sejumlah lokasi. Ada lima rumah yang menjadi sasaran dalam program bedah rumah ini. Untuk pengajuan empat rumah sudah mendapat persetujuan, dana sudah turun dari Rotary International,” ujar Sugeng Budiawan saat survei bedah rumah.

Sementara itu, Rachel Yuliani menyampaikan, selain di Desa Ayamputih, bedah rumah juga akan dilaksanakan di empat Desa lainnya yakni Desa Triwarno, Kutowinangun, Sawangan dan Desa Ambal.

Ia menambahkan, bedah rumah tersebut merupakan kolaborasi antara Rotary Belanda dengan Rotary Club Yogya Tugu dengan Rotary Club Walet Kebumen.

“Saya mengapresiasi karena meski baru terbentuk, Rotary Club Walet Kebumen sudah menangani projek yang cukup besar,” kata Rachel.

Mualim selaku Projek manager menjelaskan, rumah milik Paiman akan dibuat dua kamar, termasuk didalamnya kamar mandi dan dapur serta lantai yang terbuat dari keramik.

“kami akan buat rumah pak Paimin serapih mungkin. Nantinya kami juga akan buatkan teras supaya lebih bagus dan untuk target pengerjaan, rencananya selesai pada 27 agustus mendatang,” ungkapnya.

Selain bantuan bedah rumah, Rotary Club juga membantu para petani di Desa Ginandong, Kecamatan Karanggayam, Kebumen dengan membangun jaringan irigasi atau pipanisasi dari mata air hingga ke ladang petani untuk mendapatkan air. Rotary Club bekerjasama dengan Water-en Gezondheidszorg Projecten Netherland.

Paiman, penerima bantuan bedah rumah mengucapkan terimakasih kepada Rotary Club yang telah membangun rumah untuknya. Pria lanjut usia tersebut untuk sementara waktu tinggal di rumah tetangga selama pengerjaan berlangsung.

Ia berharap, setelah rumahnya dibedah, nantinya menjadi layak huni dan nyaman untuk disinggahi olehnya.

“Maturnuwun Rotary Club yang sudah membuatkan rumah untuk saya. Semoga semua anggota Rotary Club selalu diberi kesehatan,” ucap Paiman penuh rasa syukur. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *