04/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Launching Gudang Filial Bulog Cindaga SRG di Desa Kunci

CILACAP (BANYUMAS POS) – Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Banyumas, Jawa Tengah mengadakan launching peresmian Gudang Filial Bulog Cindaga Sistem Resi Gudang (SRG) Cilacap di Jalan Raya Kunci, Desa Kunci, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Selasa (30/3/2021).

Acara dihadiri, Kepala Dispabun Kabupaten Cilacap, Susilan, Kepala Dispertan Cilacap, Supriyanto, Kepala DPKUKM Cilacap, Umar Said, Kepala Bulog Cindaga, Kepala Desa Kunci, Dasiman, Sekcam Sidareja, Muchdlori, PPL, Gapoktan serta Supplier dan lainnya.

Fungsi Gudang Filial Bulog Cindaga SRG ini sebagai penyimpanan gabah atau bahan pokok lainnya yang berada diwilayah Cilacap Barat, untuk mengendalilan distribusi komoditas bahan pokok, utamanya gabah kering.

Gudang dengan Kapasitas Tampung 2.000 Ton berupa gabah kering ini digunakan sebagai gudang cadangan diwilayah Cilacap Barat guna menyerap gabah petani diwilayah tersebut dengan luas area sekitar 3400 meter, dan saat ini gudang Filial Bulog SRG sudah menampung 250 Ton gabah kering.

Kepala Pengelola Gudang yang juga Ketua Koperasi Pasar Setuan, “Suswanto” mengatakan, Gudang Filial Bulog Cindaga ini sudah melebihi Kapasitas tampung sehingga berfungsi sebagai gudang cadangan dalam menampung dan menyerap gabah petani diwilayah Cilacap Barat.

Lebih lanjut, dalam hal ini gabah yang dimaksud adalah gabah produksi dalam negeri sesuai standard Permendag Nomor 24 tahun 2020 sebagai ketahanan pangan.

“Keberadaan gudang Filial Bulog SRG di Desa Kunci ini sedikit banyak bisa menyerap tenaga lokal untuk membantu perekonomian warga sekitar,” ujarnya.

Pimpinan Cabang (Pimca) Bulog Banyumas, Dani Satrio dalam sambutannya menjelaskan bahwa fungsi bulog guna menjaga stabilitas pangan dan harga gabah petani, sehingga diharapkan dalam perawatan serta pengelolaan gudang perlu dimaksimalkan agar sesuai dalam pelayanan dan kebutuhan.

“Kami meminta kerjasama yang baik dengan semua pihak dan adanya gudang ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *