26/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Latihan Evakuasi Bencana Dilaksanakan Serentak di Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) yang jatuh pada tanggal 26 April untuk tahun 2021 ini dipusatkan di Kabupaten Cilacap.

HKB tahun 2021 ini diisi kegiatan simulasi atau latihan evakuasi mandiri bencana gempa bumi dan tsunami yang dilaksanakan secara serentak di seluruh OPD jajaran dan instansi vertikal di wilayah Kabupaten Cilacap, Senin(26/4/2021).

Simulasi dimulai pukul 10.00 WIB ditandai bunyi sirine dan titir kentongan sebagai peringatan bahaya gempa 8,8 SR yang berpotensi tsunami.

Selanjutnya masyarakat diarahkan menuju tempat evakuasi yang aman dan mudah dijangkau dalam waktu singkat.

Kabupaten Cilacap memiliki tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi dan merupakan supermarket bencana di Jawa Tengah.

Oleh karenanya, segenap lapisan mulai dari unsur Pemerintah hingga masyarakat di Cilacap dituntut agar memahami prosedur evakuasi mandiri sehingga siap siaga dalam menghadapi bencana di wilayahnya.

Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo dalam pesan tertulisnya mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan kapasitas dalam menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Melalui latihan evakuasi mandiri, diharapkan masyarakat semakin tangguh, tanggon dan trengginas menghadapi bencana. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *