27/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Lanal Cilacap Terima Kunker Tim Setjend Watanas RI

CILACAP (BANYUMAS POS) – Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo didampingi seluruh Perwira Staf menerima kedatangan Kunjunga Kerja (Kunker) Tim Setjen Dewan Ketahanan Nasional (Watannas) RI.

Kunker Watannas ke Mako Lanal Cilacap Kamis, (26/8/2021) di Gedung Serbaguna Mako Lanal Cilacap Jalan Niaga No. 02 Cilacap dalam rangka kegiatan Pengkajian Daerah atau On The Spot (OTS) Deputi Pengkajian dan Penginderaan. Kunker dipimpin Deputi bidang Jiandra, Laksda TNI, Gregorius Agung W.D.

Dalam sambutannya, Danlanal Cilacap, Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo menyampaikan bahwa wilayah kerja Lanal Cilacap meliputi 6 Kabupaten diantaranya Cilacap, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen, dan Purworejo.

Lanjut Danlanal, adapun beberapa Posal di bawah Lanal Cilacap yaitu Posal Logending Kabupaten Kebumen, Posal Purworejo, Posal Klaces Kabupaten Cilacap, Posal Perwakilan di Jatimalang Kabupaten Purworejo.

“Untuk Alutsista yang dimiliki Lanal Cilacap, yakni Kapal Angkatan Laut (KAL) Serayu serta 2 Patkamla yaitu Majeti, namun kondisi rusak dan Patkamla Sidat yang semuanya sudah masuk Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi (SIMAK) Barang Milik Negara (BMN),” katanya.

Danlanal menjelaskan, dalam menunjang tugas dan fungsi Lanal Cilacap dalam aspek dukungan operasi, logistik, administrasi di wilayah kerja Lanal Cilacap, perlu peningkatan sumber daya sarana dan prasarana serta alutsista yang baik untuk mengamankan perairan Cilacap dan kegiatan patroli sampai dengan Purworewjo.

“Melalui kegiatan ini dapat memberikan dukungan baik moril maupun materiil bagi TNI AL khususnya Lanal Cilacap agar dapat meningkatkan tugas dan fungsi sebagai ujung tombak di wilayah perairan Cilacap,” tandasnya.

Dengan demikian, Lanal Cilacap dapat memberikan konstribusi terhadap pengembangan strategi pertahanan yang terintegrasi.

Dikesempatan yang sama, Deputi bidang Jiandra Wantannas RI dalam sambutannya menjelaskan bahwa kedatang rombongan kesini sesuai dengan tema kita yaitu bagaimana mengakselerasi, implementasi penggunaan produksi dalam negeri untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dalam rangka keamanan nasional.

“Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mendapatkan data dan informasi di lapangan untuk dapat kita laporkan nantinya ke bapak Presiden,” ungkapnya.

Kunker Tim Setjen Watannas RI di Mako Lanal Cilacap ditutup dengan bertukar cenderamata, foto bersama dan peninjauan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *