13/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kunjungi Desa Wisata Cikakak, Sandiaga Uno Berikan Solusi & Motivasi

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Desa Wisata Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (13/10).

Desa Cikakak merupakan Desa wisata terbaik ke 58 dari seluruh Desa di Indonesia yang letak georafisnya di sebelah barat kota Purwokerto yang penuh perbukitan serta warga masyarakatnya yang semangat dan humanis.

Kedatangan Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno disambut Bupati Banyumas, Ahmad Husein serta ribuan warga masyarakat yang ingin melihat dari dekat wajah pejabat dari Pemerintah pusat dan Desa Cikakak baru pertama kali kedatangan menteri.

Sandiaga mengatakan, Desa wisata Cikakak Kabupaten Banyumas menjadi Desa Wisata Mandiri Inspiratif Indonesia Bangkit. Desa terbaik ke 58 di Indonesia, perlu diberi solusi dan motivasi, khusus di bidang ekonomi kreatif. Desa wisata dan kuliner yang berkesinambungan.

“Apalagi di Desa Cikakak ini ada pengranjin batik khas ngapak. Ini bisa menjadikan industri yang bisa dipasarkan di seluruh wilayah lndonesia bahkan bisa diekspor ke luar negeri,” ujarnya.

Pihaknya meminta agar seluruh Desa di Indonesia menjadi Desa Mandiri dan Inspiratif, seperti Desa Cikakak segera uji coba, terlebih Desa wisata Cikakak sukses menjadi wakil Indonesia ke 58 terbaik.

“Kedatangan kami, selain mengunjungi desa wisata juga menyerahkan sertifikat sebagai syarat Objek Wisata (Obwis) boleh beroperasi saat PPKM level Ill, namun harus tetap mematuhi Prokes yang ketat,” jelasnya.

Dia menambahkan, bahwa kami tadi banyak sekali mendengar keinginan untuk membuka kembali desa wisata ini, dan hanya bisa dibuka jika patuh dan dan disiplin Prokes.

“Untuk itu, kita berikan CHSE Kit yang terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi,” tandasnya.

Apalagi, lanjutnya, Desa wisata Cikakak ini bisa dibilang menjadi salah satu destinasi kelas Dunia. Di mana masyarakat manunggal dengan pemerintah daerah dan juga dimiliki oleh semua masyarakat.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi awal kebangkitan kita. Dan seiring dengan harapan tadi kami tugaskan Pak Bupati untuk koordinasi, agar destinasi wisata ini bisa diajukan sebagai desa wisata yang akan diuji cobakan,” tuturnya.

Jadi Desa Mandiri Inspiratif, Sandiaga minta Cikakak ini segera uji coba dibuka kembali, sehingga harapan masyarakat dan wisatawan bisa kita wujudkan. “Pak Kadis Dispar Banyumas segera ajukan dan nanti dimasukkan ke dalam list yang diuji cobakan,” ucapnya.

Sementara, Bupati Banyumas, Achmad Husein mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno. Dia mengaku ingin sesegera mungkin Obwis di Banyumas beroperasi. Mengingat dengan beroperasinya sektor pariwisata akan menggeliatkan perekonomian masyarakat.

“Mudah-mudahan destinasi-destinasi wisata di Banyumas ini dengan diberlakukannya PPKM level 3 bisa beroperasi kembali, sehingga pertumbuhan ekonomi bisa segera bangkit,” pungkasnya. (dl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *