03/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

KPU Banyumas Gelar Rakor Sinkronisasi Dana Pilkada 2024 Bersama Bawaslu

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, menggelar Rapat Koordinasi Sinkronisasi Dana Kegiatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyumas, di aula KPU Banyumas, Rabu (2/6/2021).

Rapat koordinasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti sinkronisasi dana dengan Sekretariat Daerah pada akhir Mei 2021.

Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Imam Ariff S menyampaikan bahwa asumsi jumlah pasangan calon (Paslon) yang telah disepakati ada 5 yang terdiri dari 4 Partai politik (Parpol) maupun gabungan Parpol dan 1 Paslon dari perseorangan.

“Tercatat, perkiraan agrerat penduduk potensial pemilih 2024 yakni 1.471.706 serta jumlah TPS sebanyak 3.270 dengan asumsi rata-rata 450 per TPS”, jelasnya.

Divisi Perencanaan dan Data serta Informasi KPU Banyunas, Khasis Munandar mengatakan, terkait dengan penentuan Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya berjalan lancar.

“Diharapkan penentuan TPS antara Bawaslu dan KPU tidak ada jawaban yang berbeda dan harus sesuai dengan pedoman,” ujarnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Banyumas, Miftahudin mengkonfirmasikan bahwa yang belum bisa terpenuhi yakni asumsi anggaran dengan cost sharing APBD Provinsi. untuk urusan anggaran menunggu keputusan dari Panitia khusus (Pansus).

“Bawaslu Kabupaten Banyumas hanya mengajukan era normal dan Covid new normal, dikarenakan dalam hal ini Bawaslu belum ada satuan kerja, masih tergantung dengan Provinsi”, katanya.

Terkait SSH (Standart Satuan Harga), sebagian sudah sama dan ada ketidaksamaan, karena adanya tambahan surat dari pusat. Pembahasan teknis Rencana Anggaran Biaya (RAB) indeks sepakat sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

Hasil rapat sinkronisasi dari KPU Kabupaten Banyumas dengan Bawaslu tersebut ada perubahan angka sedikit, namun tidak signifikan. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *