05/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Koramil 15/Pekuncen Bersama PMI Banyumas Gelar Donor Darah

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Koramil 15/Pekuncen menggelar donor darah di SDN 2 Pekuncen RT 01 RW 08 Grumbul Kalimanggis, Desa Pekuncen Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Minggu (4/7/2021).

Danramil 15/Pekuncen, Kapten Inf Subandi menjelaskan, donor darah dilakukan dalam rangka Bakti Sosial untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan donor darah tersebut bekerjasama dengan PMI kabupaten Banyumas. Kegiatan digelar sekaligus sebagai edukasi terhadap masyarakat tentang aturan PPKM darurat Covid-19.

“Semoga darah yang kita sumbangkan ini bisa menyelamatkan hidup orang lain,” kata Danramil.

Berdasarkan data yang ada, setiap harinya PMI Kabupaten Banyumas membutuhkan darah rata-rata sebanyak 182 kantong untuk memenuhi kebutuhan darah pasien di rumah sakit.

“Sebelum melakukan donor darah, pastikan kondisi tubuh sedang sehat dan bugar. Untuk menjaga kualitas darah sebelum melakukan donor darah, hindari konsumsi makanan berlemak dan usahakan untuk mencukupi asupan protein, vitamin C, dan zat besi,” ungkapnya.

Danramil meminta warga masyarakat agar tetap semangat dalam melakukan kegiatan sosial. Ia juga mengingatkan agar tetap menjalankan Protokol kesehatan dimasa PPKM Darurat Covid-19 saat ini serta mengedepankan pola hidup bersih dan sehat.

Meski tak sepenuhnya bisa memenuhi kebutuhan darah untuk wilayah Banyumas, namun dirinya meyakini jika bantuan yang diberikan mampu menyelamatkan nyawa orang yang sedang membutuhkan. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *