28/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kondusif, Uji Coba Pelaksanaan Ganjil Genap Sat Lantas Polresta Banyumas 

BANYUMAS (BANYUMAS POS) – Hari kedua uji coba pemberlakuan ganjil genap Satuan Lalu Lintas Polresta Banyumas, Polda Jateng di kawasan lokawisata Baturraden berjalan sangat kondusif. Terlihat dari dominasi kendaraan bermotor dengan nomor polisi genap yang melintas di kawasan tersebut.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M. Firman Lukmanul Hakim melalui Kasat Lantas, Kompol Ari Prayitno menyampaikan bahwa pada uji coba pelaksanaan ganjil genap, Minggu (26/9) terlihat ada beberapa kendaraan bermotor yang bernomor polisi selain genap melintas.

“Petugas membiarkan pengemudi melintas karena mereka beralasan akan mengunjungi tempat makan yang terletak di Baturraden, bukan lokawisatanya. Ketentuan rumah makan pun juga sudah diatur dalam Instruksi Mendagri No.43 Tahun 2021 sehingga petugas memberikan kesempatan kepada mereka untuk melintas,” ungkapnya.

Kasat Lantas menambahkan, lokawisata Baturraden merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Jawa Tengah sehingga berpotensi dikunjungi oleh masyarakat dari Kabupaten Banyumas maupun masyarakat dari Kabupaten lainnya.

Terkait hal tersebut, lanjutnya, uji coba pelaksanaan ganjil genap ini juga bertujuan untuk mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan serta menekan persebaran dan penularan Covid-19. Disamping itu juga sebagai upaya rekayasa terbatas dalam rangka Operasi Patuh Candi 2021.

Kasat lantas menjelaskan, dengan humanis disertai edukasi kepada pengemudi dan masyarakat, ada 187 kendaraan bermotor bernomor polisi selain genap diputar balik oleh petugas.

“Kebanyakan pengemudi ini beralasan untuk ke tempat makan di pos penyekatan sebelumnya, namun nyatanya mereka menuju lokawisata Baturraden sehingga kami terpaksa memutar balik kendaraan tersebut,” tandasnya.

Pihaknya meyakini bahwa tanpa kesadaran yang tinggi dari masyarakat maka upaya upaya yang kita lakukan bersama ini tidak akan maksimal.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari masyarakat sehingga uji coba ganjil genap selama dua hari ini dapat berjalan dengan lancar,” ucapnya. (dl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *