08/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kodim Cilacap Targetkan 220 Ribu Dosis Vaksin Habis Terpakai Tahun 2021

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dandim bersama Bupati, Kapolres dan Kadinkes Cilacap telah mendatangi Kantor Kementrian Pusat Dirjen Kesehatan di Jakarta untuk meminta vaksin secara langsung dan mengajukan kepada Dirjen Kesehatan agar mengabulkan 60 % warga Cilacap sudah tervaksin sebelum tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi saat meninjau kegiatan Serbuan Vaksinasi di Komplek Pondok Pesantren Al Barokah, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jumat (8/10).

Dandim mengatakan bahwa saat ini status pandemi yang artinya tanggung jawab ada di Pemerintah dan di tahun 2022 akan berubah menjadi Endemi yang artinya tanggung jawabnya akan berada di daerah. Jadi daerah akan dituntut kemandiriannya dengan segala keterbatasan yang ada.

“Kedepan PR semakin banyak, tantangannya juga akan semakin berat. Untuk itu, kami mengajukan ke pusat dukungan vaksin dimaksimalkan dengan permohonan 1,5 juta dosis. Dan yang sudah dikirim ke Cilacap 220.000 dosis dan ini menjadi tantangan kita bersama untuk mencapai akselerasi percepatan vaksin ini,” jelasnya.

Terkait hal tersebut, Dandim mengajak kepada seluruh pihak baik TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Kecamatan, Dinas Kesehatan dan unsur terkait lainnya agar membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Cilacap.

“Kodim 0703/Cilacap mentargetkan dalam 1 hari tembus 20.000 vaksin. Kita bekerja 6 hari mulai Senin sampai Sabtu. Kita harus mampu menjawab tantangan dari Kemenkes untuk mencapai target vaksin,” tegasnya.

Pihaknya juga mengajak kepada Danramil, Kapolsek, Camat sampai Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk bahu membahu bekerja mendukung vaksinasi demi kebaikan Cilacap. “Harapan kita mampu herd imunity dapat tercapai,” pungkas Dandim. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *