23/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kodim Cilacap Siap Distribusikan Paket Obat Isoman Gratis Untuk Warga

CILACAP (BANYUMAS POS) – Kodim 0703/Cilacap menerima 614 paket obat isoman yang siap didistribusikan kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terutama bagi mereka yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI bersama TNI, BUMN, dan Kementerian terkait berupaya mempercepat pemulihan warga yang sedang menjalani isoman.

Untuk itu, Pemerintah menggandeng beberapa industri farmasi, yaitu Biofarma, Kimiafarma, Indofarma, dan IHC dengan memroduksi obat-obatan yang nantinya diberikan secara gratis dalam program Paket Isolasi Mandiri bagi seluruh daerah.

Terkait itu, saat ini masing-masing Koramil jajaran Kodim mengambil paket isoman tersebut, dan menerima arahan dari pimpinan terkait teknis pendistribusian obat gratis ini. Briefing digelar di Aula Satya Kartika, Makodim Cilacap, Jumat (23/7/2021).

Sebanyak 18 Koramil hadir dalam briefing tersebut, selain Pejabat Perwira Seksi Logistik (Pasilog) Kapten Cba Gunawan Sasmita, unsur staf teritorial Kodim, dan perwakilan Koramil jajaran.

Pasilog Kodim Kapten Cba Gunawan menjelaskan, paket obat gratis ini terdiri dari tiga paket isoman, yaitu paket 1 warna biru, paket 2 warna hijau, dan paket 3 warna kuning.

Tiap paket berisi obat yang berbeda. Untuk paket 1 berisi vitamin C 250 mg, vitamin D3 1000 IU, dan zinc zulfate hepatahydarte.

Sedangkan paket 2 diperuntukkan bagi pasien dengan PCR+ dengan keluhan panas atau hilang penciuman (anosmia). Paket ini terdiri dari oseltamivir tab 75 mg, p. paracaetamol tab 500 mg, vitamin c tab 500 mg, vitamin D 1000 IU, dan Zinc tab 20 mg.

Adapun paket isoman 3 warna kuning untuk untuk pasien PCR+ dengan panas dan batuk kering. Paket ini terdiri dari oseltamivir, azythromicin, ambroxol, paracaetamol, vitamin C tab 500 mg, vitamin D 1000 IU dan Zinc.

Secara teknis pendistribusian, paket isoman dilakukan oleh Babinsa berkoordinasi dengan Puskesmas setempat dengan sasaran keluarga pra sejahtera yang sedang melaksanakan isoman.

Selain itu, dalam pelaksanaan penting untuk memperhatikan Protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Berikut tips untuk warga yang menjalani isolasi mandiri, antara lain kamar harus terpisah, ventilasi dan pencahayaan yang baik, kamar mandi terpisah atau lakukan disinfeksi rutin, gunakan alat makan minum atau mandi tersendiri, hindari kontak bepergian atau menerima tamu, selalu gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan dengan air mengalir.

Teknis pendistribusiannya melalui pihak Koramil jajaran. Teknis pembagian bekerja sama dengan Puskesmas yang lebih paham obat-obatan.

“Jangan lupa nama, alamat, umur, jenis kelamin, tempat isoman di mana, dokumentasi, jenis obat yang diberikan,” ujarnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *