28/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kepala BNPB Pimpin Rakor Penanganan Covid-19 Provinsi Jateng

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kabupaten Cilacap, Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo memimpin langsung Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan di Ruang Prasandha, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Rabu (28/4/2021).

Dalam kesempatannya, Bupati Cilacap menyampaikan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap terkait jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dan tingkat kesembuhannya.

Selanjutnya, Bupati juga memaparkan target pelayanan vaksinasi di wilayahnya, termasuk upaya percepatan capaian vaksinasi selama bulan Ramadhan.

“Upaya vaksinasi akan terus kami lakukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Cilacap dan mendukung terciptanya Herd immunity di Kabupaten Cilacap. Selanjutnya, kami mohon arahan dan bimbingan dari BNPB dalam hal penanganan kasus pandemi Covid-19 di Cilacap,” kata Bupati.

PLH Sekda Jateng, Prasetyo Ari Wibowo dalam kesempatannya juga menjelaskan tentang situasi Penanganan Covid-19 di Provinsi Jateng, uji coba pembelajaran tatap muka dan program vaksinasi.

“Di bulan Ramadhan ini Gubernur menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 dan menunda tradisi mudik,” katanya.

Pemprov Jateng akan terus menjalin komunikasi dan koordinasi serta bersinergi dengan Pemprov DKI, Jawa Barat, Banten Jatim dan DIY terkait penanganan pelintas batas, salah satunya dengan melakukan operasi gabungan antar provinsi di wilayah perbatasan.

Sementara, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menghimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik lebaran di tahun ini karena larangan mudik oleh Pemerintah bertujuan untuk melindungi dari penyebaran Covid-19.

Selanjutnya, ia berterimakasih kepada Gubernur Jawa Tengah beserta jajaran yang telah mengambil langkah-langkah strategis dengan meminta para orang tua melarang anaknya di rantau untuk mudik.

“Momentum yang telah dicapai ini untuk tetap dipertahankan dan dijaga dengan baik dan ini kerja keras Bangsa kita. Oleh karenanya ajakan dan larangan untuk tidak mudik diikuti dengan suka rela, jangan ada perasaan tertekan,” ujarnya.

Ketua Bidang Data dan TI, STPC-19 Nasional, dr Dewi Nur Aisyah meminta agar masyarakat mewaspadai mobilitas baik di pusat-pusat perbelanjaan, tempat ibadah dan lainnya serta tetap menerapkan Protokol kesehatan dalam beraktivitas.

Rakor ditandai pemberian bantuan secara simbolis kepada BNPB Kabupaten Cilacap berupa masker kain sebanyak 15 ribu Pcs, masker kain anak 5 ribu Pcs dan Rapid test Antigen sebanyak 5 ribu Test untuk masyarakat. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *