23/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kembangkan Perekonomian, Bumdes Desa Tunjungmuli Jalin kerjasama Dengan Bank BRI

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Bumdes Lohjinawi milik Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga dalam mengembangkan perekonomian menggaet beberapa perusahaan, salah satunya dengan Bank BRI.

Kepala Desa Tujungmuli, Joko Purnomo saat ditemui di kantornya mengatakan bahwa untuk mengembangkan roda perekonomian Bumdes yang ada di Desa Tunjungmuli ini, bekerjasama dengan Bank BRI Unit Karangmoncol.

“Kita bersama Bank BRI Unit Karangmoncol
hari ini sudah melaksanakan launching. Tujuanya untuk memudahkan pedagang yang ada Desa Tunjungmuli dan untuk simpan pinjam serta untuk menanggulangi agar masyarakat tidak terjebak hutang melalui rentenir,” ungkapnya, Selasa (22/6/2021).

Sementara itu, Ketua Bumdes, Dumiyati mengatakan, pihaknya mengadakan launching bersama Bank BRI Unit Karangmoncol dengan pemberian nama Bumdes yaitu “Lohjinawi” dengan tujuan agar menjadikan Desa Tujungmuli Berlian.

“Bumdes milik Desa Tujungmuli sudah punya empat unit usaha yakni usaha Pasar Runjang, usaha menanam kelapa genjah entok kerjasama dengan investor bidang pertanian CV Bunga Palem dengan hasil empat tahun sudah bisa berbuah. Kemudian usaha pertashop kerjasama dengan pertamina dan usaha pancimas,” jelasnya.

Dia berharap, adanya kerjasama tersebut nantinya dapat berkembang sehingga warga masyarakat bisa makmur dan sejahtera serta mewujudkan Desa Tunjungmuli maju di bidang ekonomi.

Mantri BRI Unit Karangmoncol, Iki Arif Irmanto, mengapresiasi atas terjalinnya kerjasama BRI dengan Bumdes Desa Tujungmuli, kebetulan Bumdes tersebut sudah menjadi agen BRI.

“Setelah launching Bumdes Lohjinawi ini menandakan bahwa sudah bisa melayani perbangkan, baik simpan atau pinjam dan bisa konsultasi masalah perbankkan,” tuturnya.

Dia menjelaskan, bentuk kerjasama ini untuk memudahkan pelayanan perbankkan sehingga warga masyarakat tidak perlu repot ke BRI Unit dan tidak perlu lama untuk mengantri, apalagi di musim pandemi Covid-19 harus menghindari kerumunan.

Ketua pengurus Pasar Runjang, Jid Khoerul Mustofa, mengatakan, dengan adanya kerjasama BRI dengan Bumdes Lohjinawi ini, diharapkan akan lebih memajukan perekonomian masyarakat, khususnya para pedagang Pasar Runjang.

“Selain itu, dengan adanya pelayanan Bank BRI dengan Bumdes ini, bisa memutus jalur pinjaman rentenir yang kadang sangat memberatkan pedagang atau warga masyarakat lainnya,” ujarnya.

Jid berharap, agar kerjasama ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa membantu masyarakat yang memiliki usaha kecil agar nantinya berkembang dan juga membantu para pedagang di Pasar. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *