19/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kembali, Warga Kecamatan Adipala Meninggal Dunia Positif Covid-19

CILACAP (BANYUMAS POS) – Kembali, seorang warga Desa Penggalang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap meninggal dunia akibat terkena Covid-19 pada Selasa (18/5/2021) sekitar pukul 09.30 WIB di RSUD Cilacap.

Wanita berinisial WS (70) sebelumnya sempat mendapatkan perawatan di ruang ICU RSUD Cilacap hingga akhirnya meninggal dunia dan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab PCR.

Test swab dilakukan karena WS mengalami sakit batuk dan sesak nafas pada tanggal 27 April 2021 yang lalu dan selanjutnya dirujuk ke RSUD Cilacap. WS kemudian Dinyatakan meninggal dunia oleh pihak Rumah Sakit pada pukul 14.45 WIB.

Selanjutnya, jenazah WS di bawa ke rumah duka untuk di sholatkan dengan posisi jenazah tetap berada di dalam mobil ambulance. Kemudian jenazah langsung di bawa ke TPU Kalimandung Desa Wlahar Kecamatan Adipala untuk dimakamkan sesuai SOP Protokol kesehatan (Terkonfirmasi Positif Covid-19).

Pemakaman dihadiri Kepala Desa Penggalang dan Wlahar, Babinsa Koramil 08/Adipala, Serda Saeful Awal, Babinkamtibmas Polsek Adipala, Aipda Wahid, Kasitrantib Kecamatan Adipala, Hary Setyoadi, Kasi Kesra, Kepala Puskesmas Adipala I, Edi Sucipto beserta Tim Medis Puskesmas Adipala I, Tim Satgas Covid-19 Tingkat Desa dan pihak keluarga.

Babinsa Koramil 08/Adipala, Serda Saeful Awal mengatakan bahwa Tim Satgas Covid-19 telah melakukan screening terhadap keluarga almarhum dan penanganan pemakaman secara Protokol Covid-19.

Selain itu, Tim Satgas Covid-19 juga telah memberikan pemahaman terhadap keluarga duka dan masyarakat tentang protokol pemakaman sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19, kami telah melakukan langkah ini agar masyarakat paham dan tahu prosedur penanganan jenazah sesuai SOP Protokol Kesehatan Covid-19,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di rumah duka, area pemakaman serta jalur lintasan Ambulance menuju TPU.

“Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *