19/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kelas MMP Kebumen Gelar Khataman, Wali Murid Bangga

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Program kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) merupakan kelas unggulan Angkatan perdana di MTs Negeri 6 Kebumen. Berbeda dengan kelas lainnya, kemitraan pesantren menjadi ciri khas unggulan. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas ini mengambil konsep Islamic Boarding School.

Namun terdapat perbedaan, pada program Madrasah Mitra Pesantren (MMP), seluruh siswa yang tergabung dalam kelas ini, wajib tinggal di pondok pesantren. Ada beberapa nilai plus siswa yang tergabung dalam program Madrasah Mitra Pesantren (MMP), diantaranya siswa mendapatkan hak pembelajaran umum dengan pola tatap muka terbatas pada saat pagi hari.

Sedangkan pembelajaran ilmu agama diraih terjadwal sesuai ketentuan pihak pesantren. Mitra pesantren dalam program ini yakni Pesantren As Shidiqiyah Kaleng dan Pesantren As Siraj Purwosari Kebumen. Kedua pesantren ini merupakan bagian dari keluarga besar MTs Negeri 6 Kebumen, sehingga mudah bersinergi dan selaras sesuai target program.

Program kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) memiliki target sesuai kesepakatan, dalam 3 (tiga) bulan siswa kelas unggulan ini harus menyelesaikan kitab Aqidatul ‘Awam dan Juz ‘Amma. Awal bulan September 2021, para pengelola program kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) mengadakan evaluasi dan sharing bersama pihak pesantren, ternyata target tersebut tercapai.

Mokhamad Makhi selaku Kepala MTs Negeri 6 Kebumen mengapresiasi kinerja para pengelola kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) karena keseriusan dan kesungguhannya menjalankan manajemen team work yang baik, target program awal telah tercapai.

Ia mengintruksikan agar para siswa kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) khataman pada saat Rapat Pleno Komite Madrasah tanggal 18 September 2021.

Para pengelola program Madrasah Mitra Pesantren (MMP) menyetujui keinginan kepala madrasah, persiapan khataman pun di gelar oleh masing-masing pihak pesantren, harapannya agar siswa tampil maksimal.

Dihadapan walimurid kelas 7 MTs Negeri 6 Kebumen, para siswa kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) tampak antusias melafalkan kitab ‘Aqidatul ‘Awam dan Juz ‘Amma. Selama khataman berlangsung, para wali mjurid, komite madrasah takjub dengan siswa program kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP).

Raut wajah semangat para siswa Madrasah Mitra Pesantren (MMP) terpancar di hadapan para wali murid, terlebih ada komite madrasah juga menyemangati dengan senyum bahagia.

“Melihat, mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan Kitab ‘Aqidatul ‘Awam yang sangat fasih, saya terharu dan bangga dengan mereka, semoga program ini ditambah kelasnya. Pasca siswa kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) khataman, riuh suara memuji terdengar, kebetulan saya berada di tengah para wali murid kelas 7, pada intinya mereka mendukung adanya program ini dan mengapresiasi,” ungkap Makhi.

Sementara, salah satu Tim pengelola Madrasah Mitra Pesantren (MMP), Fauzin Jamil mengatakan, khataman yang digelar bersamaan dengan rapat pleno komite madrasah, menjadi tolok ukur ketercapaian program.

Suksesnya program ini, lanjut Jamil, terletak dari kerjasama yang solid dari seluruh pihak, baik pihak madrasah maupun pihak pesantren. “Tidak mungkin bisa berjalan sebuah program tanpa ada kerjasama yang baik dan bijak mensikapi program berkelanjutan,” ujarnya.

Menurutnya, perlunya memperhatikan tindak lanjut evaluasi program, menjadi bagian dari inovasi madrasah di tengah animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap Lembaga pendidikan Islam.

“Terlebih era milenial, semakin majunya tekhnologi membuat para wali murid dan guru harus bijak mensikapi zaman,” imbuhnya.

Program kelas Madrasah Mitra Pesantren (MMP) MTs Negeri 6 Kebumen dapat menjadi solusi bagi wali murid untuk menghadapi era industri 4.0. Gerakan ayo mondok menjadi penyemangat MTs Negeri 6 Kebumen demi mewujudkan madrasah mandiri berprestasi. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *