13/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kelangkaan Stok Vaksin Sinovac di Cilacap, Ini Penjelasan Kadinkes

CILACAP (BANYUMAS POS) – Ketersediaan vaksin Sinovac yang sempat kosong di Kabupaten Cilacap, dalam waktu dekat akan ada pendistribusian kembali.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, disela-sela peninjauan kegiatan donor darah reguler dan donor plasma konvalesen di Mako Lanal Cilacap, Kamis (12/8/2021).

“Akan ada distribusi lagi terutama untuk Sinovac karena selama ini kita memakai atau menggunakan Sinovac dan sempat kosong stok kita,” kata Pramesti.

Lebih lanjut, dikatakan, sehingga kebutuhan dosis kedua Sinovac bagi yang sudah jatuh tempo untuk dilaksanakan penyuntikan sedikit ada kendala, sedikit terhenti.

“Alhamdulilah sudah ada informasi bahwa kita akan mendapat tambahan untuk vaksin Sinovac sebanyak 18 ribu dosis,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ketika vaksin Sinovac kosong, yang didistribusikan ke Cilacap adalah vaksin astrazeneca, sehingga pihaknya masih dapat melaksanakan vaksinasi dosis pertama menggunakan astrazeneca.

Adapun vaksin moderna yang sudah masuk. Vaksin ini ditujukan untuk para tenaga kesehatan (Nakes) dosis ketiga. Rencananya Minggu depan baru akan dimulai.

“Untuk moderna, jumlahnya belum cukup jika digunakan oleh seluruh Nakes, jadi akan ada tahapan berikutnya,” tandasnya.

Khusus untuk kaum difabel, akan menggunakan vaksin sinopharm. Pihaknya sudah menerima sekitar 1000 dosis dan dikarenakan single doz, akan ada 500 penyandang disabilitas untuk vaksin dosis pertama dan disiapkan juga untuk dosis keduanya.

“Dalam pelaksanaan vaksin, semangat harus tetap tinggi, hanya saja kita harus banyak nego ke pusat supaya mendapat tambahan atau ada distribusi yang lebih dari permintaan yang diajukan, mengingat penduduk Cilacap nomor satu se Jawa Tengah dan sangat beralasan jika kita meminta tambahan alokasi,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *