15/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur Resmi Dibuka

CILACAP (BANYUMAS POS) – TMMD Sengkuyung Tahap II tahun 2021 di Desa Dayeuhluhur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap resmi dibuka Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman bersama Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi, Selasa (15/6/2021).

Pembukaan TMMD yang digelar di GOR Daya Loka Desa Dayeuhluhur itu ditandai penandatanganan berita acara dan penyerahan program pelaksanaan TMMD dari Pemda Kabupaten Cilacap kepada Kodim 0703/Cilacap.

Kegiatan tersebut dihadiri, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, Ketua DPRD Kabupaten Cilacap, Taufik Nurhidayat, perwakilan Forkompimda Cilacap, Camat Dayeuhluhur, Aji Pramono, Danramil, Kapten Inf Agus Wantoro, Kapolsek, AKP Sukarmo, Kepala Desa Dayeuhluhur, Razwa Zaenal Abidin, anggota Persit dan Bhayangkari serta Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan, dalam mengatasi persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat seperti kemiskinan dan pembangunan infrastrukrur, Pemda berkomitmen untuk menganggarkan melalui APBD namun dilakukan secara bertahap karena APBD tidak setiap tahun bisa menyelesaikan permasalahan infrastruktur, ekonomi dan sosial lingkungan di masyarakat.

“Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan TMMD ini, menjadi supporting serta infus tambahan bagi kami untuk membantu masyarakat. Untuk itu, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih kepada Dandim dan Jajarannya yang hadir di Desa Dayeuhluhur,” katanya.

Menurutnya, hal ini tentunya akan mempercepat pembangunan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap dan mempercepat implementasi 4 pilar Bangga Mbangun Desa.

“Kami berharap, Kodim 0703/Cilacap semangat menjadi satu serta manunggal membangun desa terus ada di wilayah Kabupaten Cilacap dan membantu Pemda dalam membangun Cilacap dengan mengimplementasi program kebijakan Bangga Mbangun Desa,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi menegaskan, para Prajuritnya sudah siap dilapangan bahkan kegiatan pra TMMD sudah dimulai sejak awal.

Kepada awak media, Dandim juga meyakinkan bahwa semua sasaran kegiatan TMMD yang ditargetkan akan selesai tepat waktu.

“Tentunya kegiatan TMMD ini tidak bisa hanya dilakukan oleh TNI, semua harus saling bekerjasama dan bersinergi. Dalam susunan SSK, kami pun dibantu oleh anggota Polres Cilacap, Lanal dan kita sama-sama mengawasi dan mengendalikan,” Kata Dandim.

Dandim berharap, ada yang harus diurai dalam rangkaian membangun di wilayah dan menjadikan skala prioritas bahwa TMMD itu harus menyambung dan lebih erat lagi.

“Kedepan kita rencanakan dengan Forkompimda bahwa Cilacap ini harus ada getaran-getaran perubahan yang lebih nyata,” ujarnya.

Adapun sasaran fisik dalam TMMD kali ini yaitu pengaspalan jalan sepanjang 1.700 x 2,5 meter, pembangunan talud 200 meter, pembangunan 1 unit MCK dan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 40 unit.

Sedangkan kegiatan non fisik diantaranya pelayanan vaksinasi Covid-19, pembagian sertifikat tanah melalui program PTSL, sosialisasi Protokol kesehatan, pelayanan vaksinasi Covid-19, pelayanan KB oleh Dinas KB PP PA, serta pembuatan akte gratis dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap.

Dalam pembukaan TMMD ini, juga dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis yang diserahkan kepada warga. Beberapa bantuan tersebut diantaranya bantuan rehab RTLH, peralatan olahraga, semen dan Al Qur’an.

Selanjutnya, alat pertanian seperti sabit, cangkul dan cakar, akte kelahiran, KK dan KIA, benih ikan bila, kambing, pohon keras dan buah serta sertifikat tanah. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *