14/11/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Cilacap Berhasil Dipadamkan

CILACAP (BANYUMAS POS) – Kobaran api akibat terbakarnya tangki kilang milik Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah yang terjadi pada Sabtu (13/11) malam, telah berhasil dipadamkan.

Hal tersebut disampaikan Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional RU Cilacap, Ifki Sukarya, Minggu (14/11) dalam konferensi pers virtual.

“Saat ini kebakaran tangki telah dipadamkan secara total, tepatnya pukul 07.45 WIB tadi pagi dan kita menyatakan declaire aman pada pukul 09.45 WIB,” kata Ifki Sukarya.

Ada strategi yang dilakukan, mulai dari melakukan penyekatan, pendinginan di sekeliling tangki hingga memindahkan isi pertalite yang terbakar ke tangki lainnya.

Sebelumnya, disampaikan bahwa kilang sudah dapat dikendalikan pukul 23.05 WIB malam, namun masih terus dilakukan pendinginan oleh petugas.

“Sekitar pukul 23.10 WIB malam, warga sekitar yang mengungsi akibat kebakaran kilang kini berangsur-angsur kembali ke kediaman mereka masing-masing, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” tandasnya.

Video terbakarnya tangki minyak 36 T-102 milik Pertamina tersebut, sebelumnya telah beredar luas di media sosial (medsos). Dalam video tersebut, tampak api membumbung tinggi. Kejadian terjadi pada Sabtu (13/11) malam di Area pintu ll Pertamina.

Pihak pertamina RU IV Cilacap hingga kini belum bisa memastikan penyebab kebakaran kilang minyak yang terjadi karena pada saat kejadian, situasinya hujan deras disertai dengan petir dan masih menunggu hasil investigasi. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *