12/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kades Harus Mampu Berikan Pelayanan Kebijaksanaan Untuk Masyarakat di Masa Pandemi

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Seorang Kepala Desa dituntut harus memberikan pelayanan sebagai pelaksana undang-undang 3 No 6 tahun 2014 tentang Desa dan bisa memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terhadap seluruh warga masyarakatnya.

Selain itu, Kepala Desa juga harus mampu melaksanakan IPO LEKSOSBUD HANKAMNAS (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Ketahanan dan Keamanan Sosial) dalam mengemban tugas serta pelayanan 24 jam, baik secara manajemen maupun pelayanan sosial untuk warga masyarakat.

Kepala Desa Argopeni, Tursino mengatakan, tugas yang paling berat dirasakan saat situasi pandemi Covid-19 sejak Maret tahun 2020 hingga saat ini.

“Kepala Desa harus mampu melaksanakan perintah atasan mulai dari Instruksi Presiden, Gubernur, Bupati mapun Camat. Namun di sisi lain, Kepala Desa harus tegas dan bisa mampu memberikan pelayanan kebijaksanaan yang manusiawi kepada masyarakatnya,” ungkapnya, Senin (12/7/2021).

Sebagai contoh dengan diberlakukannya PPKM darurat, masyarakat harus mampu melaksanakan Prokes, apalagi terkait tertundanya kegiatan sosial masyarakat seperti hajatan dan pengajian, Kepala Desa harus dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar mematuhinya.

“Masyarakat yang akan menyelenggarakan hajatan nikahan atau khitanan budaya atau tradisi di kampung berbeda di kota terkait dengan adat istiadat, mestinya mereka jauh-jauh hari sebelumnya sudah merencanakannya minimal 1 tahun untuk menentukan anggaran di dalam kegiatan hajatan tersebut,” ujar Tursino.

Tarsino mengaku harus membuat keputusan yang membuat dilema secara pribadi. Disisi lain bertanggung jawab untuk melaksanakan tugas sebagai Kepala Desa, namun disisi lain masyarakat meminta Restu.

“Elok tidak elok, Kepala Desa harus bisa mengambil sikap. Endingnya tegas dianggap tidak bijak dan tidak tegas namun sedang mengemban amanah Negara,” tandasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *