21/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kabupaten Kebumen Tidak Dapat Dipisahkan Dari Keraton Kasunanan Surakarta

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto, Selasa (21/10) menerima kunjungan ketua LDA Karaton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dalam rangka Tetepan Paguyuban Kawula Karaton Surakarta Hadiningrat (PAKASA) Cabang Kebumen dan Launching Grebeg Maulid 1443 H di Pendopo Kabupaten Kebumen.

Bupati Kebumen, H.Arif Sugiyanto menyampaikan, sebagai awal dari penataan, saya merasa senang dan mengucapkan ucapan selamat dan selamat kepada Ketua Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta ibu GKR Koes Moertiyah Wandansari (Gusti Moeng).

“Jika kita mempelajari sejarah yang telah terjadi, Kabupaten Kebumen tidak dapat dipisahkan dari Keraton Kasunanan Surakarta. Jika kita perhatikan, jelas bahwa berdirinya Keraton Kasunanan Surakarta juga dipengaruhi oleh leluhur Bupati Kebumen, yaitu KRT Aroengbinang I atau Kyai Hanggawangsa,” ujarnya.

Bupati berharap pertemuan ini mampu memupuk persatuan persaudaraan untuk membantu membangun dan mengupayakan kesejahteraan masyarakat.

Dia menjelaskan bahwa Sunan meminta Pakubuwono III untuk meninggalkan keraton Kartasura. KRT Aroengbinang I meminta agar dibangun keraton di dusun Sala, KRT Aroengbinang I Kyai Hanggawangsa yang atau keturunan KRT Aroengbinang IV. Kabupaten Kebumen erat kaitannya dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

“Saya sangat berharap para pendukung Keraton Kasunanan Surakarta selalu memberikan dukungan kepada Kabupaten Kebumen. pelaksanaan pemerintah-pembangunan lebih cepat, lebih ketat,” harapnya.

Itu sebabnya, lanjut Bupati, mengikut sertakan BUMER untuk mensejahterakan masyarakat, juga merupakan pengembangan dalam bidang budidaya dan pelestarian budaya Jawa. Sehingga mereka dapat dicintai dan dipedulikan, terutama oleh para pemuda sebagai generasi penerus.

“Dengan pengembangan seni dan budaya, hal ini sejalan dengan misi kelima Kabupaten Kebumen. Mewujudkan masyarakat yang rukun, berbudaya dan bermartabat dengan Budaya Khas Kebumen). Tujuannya untuk mempublikasikan kesenian tradisional asli Kebumen, agar tetap bertahan dan menjadi identitas Kebumen,” katanya.

Selain itu, Kabupaten Kebumen juga memiliki Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong. Geopark atau taman bumi merupakan sarana pengembangan potensi daerah pada saat itu. Termasuk potensi alam, serta seni budaya.

Pemkab Kebumen juga berupaya menjadikan Geopark Nasional sebagai geopark global. Saya senang Keraton Surakarta juga mendukung keberadaan Geopark saat itu. Sehingga semua yang dicita-citakan bisa tercapai.

Dalam kesempatan itu, keraton Surakarta Hadiningrat memberikan gelar kehormatan kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto sebagai Santana Riya Nginggil dengan gelar Kanjeng Raden Arya H Arif Sugiyanto Wreksonagoro SH.

Pemberian gelar tersebut bersamaan Tetepan Paguyuban Kawula Karaton Surakarta Hadiningrat (PAKASA) Cabang Kebumen dan Peresmian Grebeg Maulid 1443 H. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *