31/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Kabupaten Banjarnegara Raih Penghargaan KLA Tahun 2021

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia. Penghargaan dan apresiasi disampaikan secara daring melalui video conference, Kamis (29/7/2021) lalu.

Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi yang diberikan kepada Pemda, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui proses evaluasi.

Bintang menjelaskan, ada 24 indikator untuk mengukur capaian kinerja yang muaranya pemberian penghargaan yang diberikan dengan 5 kategori, mulai dari kategori Pratama, Madya, Nindya, Utama, dan KLA

Lebih lanjut, dikatakan, KLA merupakan kabupaten/kota dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program dan kegiatan.

Ia menyampaikan bahwa pada tahun 2020 lalu kegiatan ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19. Kemudian Kementerian PPPA kembali menyelenggarakannya di tahun 2021.

“Ada peningkatan penerima penghargaan KLA di tahun 2021 dibanding pada tahun 2019, yaitu dari 249 menjadi 275 penerima,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin usai mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, penghargaan ini bukan sebagai tujuan akhir, tetapi menjadi pemantik semangat Pemda untuk memperkuat komitmen bersama dengan berbagai pihak dalam memenuhi hak dan memberikan perlindungan khusus anak di Kabupaten Banjarnegara.

Menurutnya, anak pada dasarnya memiliki berbagai kebutuhan dalam pengembangan dirinya lebih lanjut. Oleh karena itu, Pemerintah harus benar-benar peka untuk menyediakan pelayanan serta sarana dan prasarana dalam memenuhi berbagai hak anak agar bisa berkembang dengan baik.

“Pemenuhan hak dan perlindungan anak merupakan upaya dalam menjaga anak sebagai aset masa depan bangsa,” ujarnya

Terkait pencapaian Kabupaten Banjarnegara di KLA 2021 ini, Wabup mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah berusaha dan bekerja keras untuk memenuhi indikator-indikator yang telah ditentukan oleh tim evaluasi dari Kementerian PPPA, sehingga Kabupaten Banjarnegara bisa meraih penghargaan di kategori pratama.

“Kedepan kami berharap bisa naik ke tingkat yang lebih baik lagi. Kita harus belajar dari kabupaten atau kota lain yang telah meraih predikat KLA di kategori yang lebih tinggi,” harapnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *