06/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jumlah Penyembelihan Hewan Kurban 1442 H di Purbalingga Naik 10,2 Persen

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Meskipun masih dalam suasana pandemic covid-19, jumlah penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1442 H di Kabupaten Purbalingga mengalami peningkatan sebesar 10,2 persen.

Dari rekaputulasi data yang diperoleh petugas lapangan yang melakukan pemeriksaan, jumlah pemotongan hewan kurban tahun 2021 sebanyak 9.591 ekor atau naik sebanyak 889 ekor dari tahun 2020.

“Tahun 2021 ini secara rinci untuk pemotongan sapi 3.052 ekor, kerbau 4 ekor, kambing 5.880 ekor, dan domba sebanyak 655 ekor,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam, saat dihubungi, Jumat (6/8/2021).

Mukodam menerangkan bertambahnya hewan kurban yang disembelih saat pandemi covid-19 tentunya menjadi kabar yang menggembirakan. Yakni meningkatnya kesadaran dan empati sosial masyarakat untuk berbagi dengan sesama dengan tetap menerapkan Protokol kesehatan secara ketat.

“Di satu sisi kenaikan jumlah hewan kurban tahun ini juga berdampak positif bagi para peternak dan para pedagang hewan kurban,” ujarnya.

Selain melakukan pencatatan dan pemeriksaan hewan kurban beberapa waktu lalu, pihaknya juga melakukan pengobatan ternak secara masal termasuk kegiatan pemberiak obat cacing.

Selanjutnya monitoring dan pemeriksaan hewan dalam rangka penerbitan dokumen Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk pengiriman ternak ke luar Kabupaten Purbalingga.

“Kemudian kami juga melakukan pemeriksaan ante mortem (sebelum disembelih, red) dan post mortem (setelah disembelih, red), pengawasan penyembelihan dan penanganan daging serta jeroan hewan yang dilaksanakan oleh 36 orang Petugas Pengawas Pemotongan Hewan Kurban dari Dinas Pertanian,” pungkasnya. (Mar/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *