19/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jelang Idul Adha, Tiga Pilar Desa di Kecamatan Purbalingga Gelar Penling

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Tiga pilar di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten PurbaIingga yang terdiri dari Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Perangkat Desa menggelar penerangan keliling (Penling).

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mensosialisasikan Surat Edaran (SE) Bupati Purbalingga tentang pedoman pelaksanaan Idul Adha di masa pandemi.

Sosialisasi dilakukan dengan berkeliling seluruh wilayah menyampaikan imbauan kepada masyarakat. Imbauan disampaikan melalui pengeras suara yang terpasang di mobil yang digunakan untuk berkeliling desa atau kelurahan.

Kapolsek Purbalingga, AKP Nur Susalit menjelaskan bahwa adanya Surat Edaran Bupati Purbalingga Nomor 450/13606 tentang pedoman pelaksanaan Salat Idul Adha, pihaknya bersama tiga pilar memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi disampaikan dengan siaran keliling.

“Sambil berkeliling desa sosialisasi disampaikan kepada masyarakat melalui pengeras suara. Tujuannya masyarakat bisa mengetahui tentang surat edaran bupati tersebut,” kata kapolsek, Senin (19/7/2021).

Kapolsek menambahkan, dalam sosialisasi disampaikan kepada warga diantaranya agar meniadakan malam takbiran di Masjid/Mushola, tidak melaksanakan takbir keliling dan salat Idul Adha secara terpusat. Namun kegiatan ibadah tetap dilaksanakan di rumah masing masing.

“Sedangkan terkait pemotongan hewan kurban, harus dilakukan dengan memperhatikan Protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa informasi terkait pedoman pelaksanaan Idul Adha tidak hanya dilaksanakan dengan siaran keliling, namun dilaksanakan juga dengan menyambangi Tokoh Agama dan Takmir Masjid setempat.

“Kegiatan tidak hanya dilaksanakan di satu Desa saja, namun dilakukan bersama tiga pilar Kamtibmas di seluruh desa dan kelurahan wilayah Kecamatan PurbaIingga,” pungkasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *