21/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jelang Hari Raya, Kebutuhan Pokok di Pasar Sidodadi Alami Penurunan Harga

CILACAP (BANYUMAS POS) – Jelang Hari Raya Idhul Fitri, kebutuhan bahan pokok di Pasar Sidodadi Cilacap tahun ini justru mengalami penurunan harga. Adapun harga kebutuhan bahan pokok lainnya yang masih stabil. Hanya saja ayam potong yang mengalami kenaikan harga namun tidak terlalu signifikan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala pasar Sidodadi Cilacap, Tugiwan saat ditemui di kantornya, Rabu (21/4/2021).

Tugiwan menjelaskan, beberapa kebutuhan bahan pokok yang mengalami penurunan harga meliputi, telur, bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Sedangkan harga beras dan daging masih stabil.

“Harga telur menurun dari harga sebelumnya Rp 25 ribu menjadi Rp 24 ribu, bawang putih jenis kating Rp 26 ribu per kilogram, bawah merah Rp 38 ribu dan bawang apel Rp 23 ribu per kilogram. Harga cabe rawit saat ini sekitar Rp 40 ribu per kilogram,” katanya.

Sedangkan harga daging masih stabil yakni Rp 120 ribu per Kilogram dan harga beras antara lain jenis IR 64 Rp 9,5, Saigon Rp 10 ribu, Saigon super Rp 13 ribu dan Mentik wangi Rp 14 ribu per Kilogram.

“Untuk ayam potong mengalami kenaikan harga sekitar Rp 6 ribu. Hal ini disebabkan karena di bulan puasa permintaan masyarakat cukup tinggi sehingga naik,” ujarnya.

Kondisi pasar Sidodadi Cilacap saat ini sepi, belum ramai dikunjungi oleh pembeli dan biasanya mulai ramai dikunjungi menjelang lebaran H-7. Menurutnya, situasi Pandemi juga berdampak pada kondisi pasar yang sepi.

“Sejauh ini kami belum mendapatkan informasi maupun isu-isu kelangkaan kebutuhan bahan pokok dan kami pastikan stok kebutuhan bahan pokok di pasar Sidodadi sampai saat ini masih aman dan mencukupi,” pungkasnya.

Dalam situasi pandemi Covid-19, pasar merupakan salah satu obyek yang sangat rawan. Oleh karenanya Kepala pasar Sidodadi tetap menghimbau kepada pengunjung dan pedagang agar tetap mematuhi aturan Protokol kesehatan selama di dalam pasar. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *