04/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jelang Bulan Ramadhan, Masyarakat Desa Adiraja Gelar Syukuran Nyadran

CILACAP (BANYUMAS POS) – Menjelang bulan Ramadhan, masyarakat adat Pasemuan yang berada di Desa Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap menggelar syukuran nyadran dengan menyajikan menu makanan khas tumpeng mogana, Sabtu (3/4/2021).

Kegiatan ini merupakan bentuk syukur warga masyarakat dalam menyambut bulan Ramadhan dan sudah menjadi tradisi turun temurun di Desa Adiraja.

Sebelum adanya pandemi Covid, nyadranan dimeriahkan sekitar 66000 tumpeng, namun saat ini hanya ada sekitar 195 tumpeng mogana. Dalam tumpeng tersebut berisi daging ayam yang dilengkapi dengan jajanan pasar.

Acara syukuran yang digelar di rumah adat Pasemuan ini pun berlangsung sederhana, terlihat hanya dihadiri perwakilan saja, dengan penerapan Protokol kesehatan (Prokes).

Adapun yang istimewa dalam isi tumpeng tersebut antara lain seperti udang, ikan blanak, kerupuk dan gorengan peyek berukuran besar.

Setelah didoakan, sebagian masyarakat ada yang menukar tumpeng antar satu sama lain sebagai bentuk rasa syukur kepada Ilahirobbi.

Lebih lanjut, selain syukuran nyadran, warga masyarakat melakukan bersih makam dengan tujuan agar makam terlihat bersih dan juga rutin dilakukan menjelang bulan Ramadhan. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *