16/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jalin Kerjasama Pengembangan Kebutuhan Pangan, Gubernur DKI Jakarta Kunjungi Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengunjungi Kabupaten Cilacap. Dalam kunjungannya, Gubernur DKI Jakarta didampingi Asisten Perekonomian dan Keuangan Setda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati.

Kedatangan Gubernur DKI Jakarta disambut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji bersama Unsur Forkopimda Cilacap di Ruang Gadri, Rumah Dinas Bupati Cilacap, Kamis (15/4/2021).

Tampak hadir, Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf, Danlanal Kolonel Laut (PM) Sugeng Subagyo, Dandim 0703/Cilacap Letkol lnf Andi Afandi, Kapolres, AKBP Dr. Leganek Mawardi, Asisten II Ekonomi dan Pembangunan, Wasi Ariadi serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati menyampaikan maksud kedatangannya ke Kabupaten Cilacap adalah untuk menjalin kerjasama terkait pengembangan kebutuhan pangan antara Provinsi DKI Jakarta dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cilacap.

“Pentingnya pengembangan Kebutuhan pangan yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap, semoga program kerjasama antara Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Cilacap berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Bupati Cilacap mengucapkan terimakasih kepada Gubernur DKI Jakarta atas kunjungannya ke wilayah Kabupaten Cilacap.

Selain itu, Bupati menyampaikan bahwa kebutuhan pangan di Kabupaten Cilacap sangat luar biasa terutama di masa pandemi Covid-19. Namun perekonomian tetap stabil dan lancar, karena sektor pertaniannya sangat luar biasa.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam kesempatannya menjelaskan kunjungannya dalam rangka meninjau Panen Raya di Kabupaten Cilacap.

Pihaknya bersyukur karena Provinsi DKI Jakarta bisa punya kesempatan kerja bersama menyiapkan ketahanan pangan dengan Kabupaten Cilacap.

“Ini harusnya kita besarkan. Saat ini ada 1.000 hektar, mudah mudahan nanti dapat berkembang lagi Insyaallah perluas. Kami di Jakarta itu 99, 9% kebutuhan pangan dari luar, kita punya ketergantungan pasokan, karena itu kita berharap kerja sama ini nantinya bisa kita besarkan dan yang tidak kalah penting adalah peningkatan kesejahteraan petani,” kata Anies Baswedan.

Menurutnya, Jakarta merupakan tempat berkumpulnya warga dari seluruh negeri, tidak ada kota di Indonesia yang punya stok warga dari semua tempat. Warga Cilacap dan Banyumas di sana sudah banyak.

Mereka banyak menempati di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur, jadi diharapkan pergerakan perekonomian di Jakarta dapat dirasakan sebagai manfaat di berbagai daerah.

“Dengan kerjasama antara penggarap sawah dan penjual padi agar kemudian hasilnya menjadi beras untuk memenuhi kebutuhan warga. InsyaAllah jadi beras dan memenuhi juga kebutuhan warga di Jakarta. Pada ujungnya kami berharap pada suasana keadilan sosial, karena kenapa republik ini ada salah satunya karena untuk keadilan sosial,” jelas Anies Baswedan.

Hal ini menjadi tanggung jawab di Pemerintahan untuk memberikan rasa adil kepada masyarakat dan melunasi janji kemerdekaan.

“Sosial bukan sebagai cita-cita, namun sebagai janji dan kita semua yang berada di ruangan ini punya tanggung jawab konstitusional untuk melunasi janji itu. Jadi orang itu jangan gunakan istilah cita-cita kemerdekaan,” ujar Anies Baswedan.

Kunjungan kerja Gubernur DKI Jakarta di wilayah Kabupaten Cilacap ini sebagai tindak lanjut kerjasama peningkatan kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

“Jadilah pemimpin tapi bukan pejabat, bukan pejabat jadi Pemimpin. Seperti di Cilacap. Saya merasa bangga karena Bupati Cilacap yang merupakan Pemimpin tapi bukan Pejabat. Kalau ada program baik di wilayah, maka warga akan percaya dengan pemimpinnya,” ungkap Gubernur DKI Jakarta.

Dia mengucapkan syukur bisa datang ke Cilacap di bulan Ramadhan ini dengan harapan agar menjadi amalan yang baik.

“Terima kasih, semoga menjadikan manfaat dan maslahat bagi kita semua dan bisa melanjutkan kerjasama yang baik,” ucapnya.

Keesokan hari dilanjutkan penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dengan Pemda Cilacap dan panen padi bersama di Desa Jenang, Kecamatan Majenang, Cilacap. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.