11/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jalan Satu Arah di Kebumen Terkesan Dipaksakan

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Pelaksanaan pembangunan daerah, seharusnya mengacu kepada dokumen perencanaan dan penganggaran daerah. Pemerintah Kabupaten Kebumen, harus tegas mengedepankan regulasi dan tata kelola.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kebumen, Yuniarti Widayaningsih.

“Sementara pencermatan saya selaku wakil pimpinan, memperhatikan pembangunan koridor perkotaan belum menjadi agenda pembangunan dalam dokumen RKPD, KUA dan PPAS serta APBD Tahun Anggaran 2021,” jelasnya.

Supaya tidak terjadi inkonsistensi, dirinya memberikan solusi, sebaiknya dalam pelaksanaan harus menunggu perubahan RKPD, KUA PPAS dan RAPBD.

“Kami juga mengingatkan bahwa penggunaan anggaran harus melalui pembahasan dengan DPRD dan sesuai dengan perencanaan,” katanya.

Menurutnya, apabila tidak, akan berpotensi temuan bahkan bisa sampai dengan penyalahgunaan anggaran. Sehingga segala kebijakan yang akan diambil khususnya pembangunan koridor perkotaan, dirinya kembali memberi solusi, harus dibahas dan disepakati dengan DPRD.

“Kami juga mengingatkan dokumen kajian perkotaan seperti dokumen amdal lalin, kajian ekonomi terutama pajak daerah dan retribusi daerah, kajian sosial dan sosiologis harus sudah selesai dibuat,” pungkasnya.

Selain itu, ia menambahkan, juga harus tersosialisasi dengan baik melalui FGD dengan semua pemangku kepentingan. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *