29/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jaga Ribuan Pohon Agar Tumbuh Baik, Kodim Cilacap dan Jajaran Lakukan Perawatan

Cilacap (Banyumas Pos) – Guna menjaga terjadinya abrasi dari gempuran gelombang air laut, Kodim 0703/Cilacap beberapa waktu lalu melakukan penghijauan di sepanjang pantai yang ada di wilayahnya dengan ditanami ribuan pohon, terdiri dari pohon kelapa, Ketapang laut, Cemara laut, Balsa dan tanaman lainnya.

Untuk menjaga dan merawat ribuan pohon agar tetap tumbuh dengan baik, personil jajaran Kodim 0703/Cilacap terus melakukan pembenahan atau perawatan secara intensif, salah satunya di lokasi penghijauan, area Pantai Teluk Penyu Cilacap, Jumat (28/5/2021).

Pasiter Kodim 0703 Cilacap, Kapten Inf Saidin Selaku Koordinator Program Penghijauan mengatakan, dalam program tersebut pihaknya telah menanam ribuan pohon di sepanjang Pantai Teluk Penyu Cilacap, yang terdiri dari jenis pohon Kelapa, pohon Balsa, pohon cemara laut dan Ketapang laut.

Dia menambahkan, penanaman pohon ini tidak hanya dilakukan di area Teluk Penyu Cilacap saja, namun juga di beberapa wilayah pantai lainnya di wilayah Kabupaten Cilacap.

“Seiring berjalannya waktu, tentunya pohon pohon yang kita tanam ini membutuhkan perawatan dan pemupukan secara intensif, agar pohon tidak mati dan dapat tumbuh dengan baik. Untuk itu, setiap hari Jum’at ini, perawatan tanaman pasti kita lakukan,” ujarnya.

Saidin menjelaskan, perawatan dilakukan dengan cara memberikan pupuk, menyirami tanaman, membersihkan rumput liar di sekitarnya dan membuat pagar untuk melindungi tanaman dari binatang dan tangan jahil manusia.

Sementara itu, dalam perawatannya, Kodim 0703/Cilacap telah membagi sektor dan tanggungjawab perawatan tanaman dengan dibebankan kepada Koramil jajarannya.

Hal tersebut dilakukan agar setiap personel di jajarannya juga mempunyai rasa memiliki, sehingga setiap pohon yang ditanam diharapkan terpantau perkembangannya dan bisa tumbuh dengan baik. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *