20/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Jaga Kebugaran, Prajurit Kodim 0703/Cilacap Berolahraga Pagi

Cilacap (Banyumas Pos) – Prajurit Kodim 0703/Cilacap mulai intensif melaksanakan olahraga pagi guna menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan para prajurit dan PNS AD. Kegiatan dilakukan pada Kamis (20/5/2021).

Lebih lanjut, hal itu dilakukan kembali oleh prajurit Kodim 0703/Cilacap karena kurangnya aktivitas olahraga saat bulan puasa yang lalu.

Sesuai dasar program kerja Kodim bidang Operasi terkait Pembinaan Satuan khususnya pembinaan bidang jasmani militer, dilaksanakan pembinaan prajurit yang dijadwalkan setiap hari selasa dan kamis menggunakan seragam aerobik yang sudah ditentukan.

Kegiatan diawali dengan apel pagi guna mengecek kekuatan personel dan menyampaikan berbagai informasi terkini tentang kegiatan Satuan maupun perintah dari Komando Atas.

Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0703/Cilacap, Kapten Chb Sutarman menjelaskan kegiatan pembinaan jasmani militer ini bukan hanya dilakukan Kodim saja namun juga dilakukan oleh seluruh Satuan Koramil jajaran.

“Kita tahu bahwa tanpa tubuh yang sehat, tidak mungkin mampu melaksanakan tugas yang diberikan pimpinan, jadi saya tegaskan pembinaan ini sangat penting bagi kita semua,” kata Sutarman.

Dia menambahkan, setiap kegiatan terlebih olahraga tentunya ada prosedurnya (Protap) agar berjalan dengan baik dan aman.

Sebelum dimulai dilaksanakan pemeriksaan denyut nadi dan pemanasan (warming up) untuk mencegah terjadinya cedera.

Selanjutnya, setelah pemanasan dilanjutkan senam, berjalan, lari (joging) maupun aktifitas ringan lainya yang diharapkan dapat menjaga kebugaran fisik dan meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.

“Jadi faktor keamanan yang kita utamakan namun sasaran kegiatan dapat tercapai,” ujarnya.

Sutarman berharap, dengan kegiatan olahraga yang rutin, diharapkan mampu membentuk jasmani prajurit yang bugar dan sehat sehingga selalu siap manakala dihadapkan pada tuntutan tugas. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *