01/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ini Hasil Rapat Pembahasan Segmen Batas Desa/Kelurahan di Kabupaten Banjarnegara

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) -Pemkab Banjarnegara bekerjasama dengan Pusat Pemetaan Batas Wilayah, BIG Provisni Jawa Tengah menggelar Rapat fasilitasi pembahasan segmen batas Desa/Kelurahan belum sepakat di Kabupaten Banjarnegara secara daring di ruang Command Center Kominfo Banjarnegara, Rabu (1/9/2021).

Hal itu dilakukan dalam rangka untuk mengetahui wilayah administrasi Kelurahan/Desa yang diperlukan dengan batas-batas wilayah administrasi yang jelas

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 45 Tahun 2016 tentang Pedoman Penetapan dan Penegasan Batas Desa/Kelurahan, Penetapan dan Penegasan tapal batas wilayah bertujuan untuk menegakkan tertib administrasi Pemerintah, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah yang memenuhi aspek teknis dan yuridis.

Dalam sambutanya, Kepala Dispermades PPKB Banjarnegara, Hendro Cahyono mengatakan, kegiatan ini merupakan fasilitasi Kesepakatan Teknis Batas Wilayah Administrasi Desa yang telah dilaksanakan mulai bulan Agustus 2020 hingga April 2021.

Dalam kegiatan tersebut terdapat dua segmen yang sebelumnya belum sepakat yakni segmen batas Desa Singamerta dengan Desa Kutayasa dan segmen batas Desa Jengawur dengan Banjarkulon.

Lanjut Hendro, penetapan batas Desa dua segmen tersebut, yaitu penentuan titik kartometris yang sudah disepakati oleh kedua Desa yang berbatasan pada bulan April lalu. Setelah titik kartometris tersebut ditetapkan, nantinya akan diikuti dengan penandatanganan berita acara penentuan data dasar dan pelacakan batas antar Desa.

Langkah berikutnya dalam penetapan dan penegasan batas Desa adalah pemasangan dan pengukuran pilar batas. Dia berharap kepada Kepala Desa agar dapat menganggarkan Dana Desa untuk kegiatan pemasangan pilar batas Desa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hendro cahyono meminta kerjasama yang telah terjalin, pendampingan, serta fasilitasi BIG dapat dilanjutkan kembali memfasilitasi penetapan dan penegasan batas wilayah Desa di Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2022.

“Sehingga seluruh Desa/Kelurahan di Kabupaten Banjarnegara pada akhirnya dapat memiliki dokumen penetapan dan penegasan batas Desa,” ujar Hendro.

Dalam rapat tersebut dengan Pusat Pemetaan batas wilayah, BIG Provinsi Jawa tengah, disepakati batas Desa Singgamerta, Kecamatan Sigaluh dengan batas Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara dan Batas Desa Banjarkulon dengan Desa Jenggawur, Kecamatan Banjarmangu.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara penentuan data dasar dan pelacakan batas antar Desa di Kabupaten Banjarnegara.

Rapat fasilitasi pembahasan segmen batas Desa/Kelurahan itu dihadiri Kepala Dispermades PPKB Banjarnegara, Camat Madukara, Camat Banjarmangu, Camat Sigaluh, Kepala Bagian Pemerintahan, Kepala Desa Kutayasa, Kepala Desa Singamerta , Kepala Desa Banjarkulon, Kepala Desa Jenggawur dan tim teknis pusat pemetaan batas wilayah BIG provinsi Jawa Tengah. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *