02/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Imam Ma’ruf : Gombrang Makam, Tradisi Budaya Warga Desa Wringinharjo

CILACAP (BANYUMAS POS) – Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H tahun 2021, Pemerintah Desa Wringinharjo, Kecamatan Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap bersama warga masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan makam.

Sekretaris Desa Wringinharjo, Imam Ma’ruf mengatakan kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahunnya dan sudah menjadi tradisi budaya jawa turun temurun masyarakat Desa Wringinharjo dengan sebutan nyadran atau sadran.

“Gombrang makam ini merupakan budaya gotong royong untuk merekatkan tali silahturahmi antar warga masyarakat. Selain itu kegiatan ini bertujuan agar makam selalu bersih, terawat dan tak terkesan terlihat angker,” jelasnya.

Kerja bakti diikuti Sekretaris Desa Wringinharjo, Imam Ma’ruf beserta perangkat, Babinsa Koramil 10/Gandrungmangu, Sertu Indra Rismanta, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat sekitar, Jumat (2/3/2021).

Mereka membersihkan area makam yang berada di Dusun Sindeh seluas 7 hektare yang merupakan pemakaman umum (TPU) masyarakat sekitar menggunakan alat seperti cangkul, sapu lidi dan sabit.

Nyadran atau Sadran yang artinya Ruwah Syakban merupakan suatu rangkaian budaya berupa pembersihan makam leluhur dan tabur bunga yang merupakan warisan leluhur.

Selain itu, ada juga yang melaksanakan kenduri selamatan berupa tumpengan di lokasi makam sembari berdoa kepada sang pencipta. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *