13/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Ilmuwan Muda Menginspirasi Siswa Baru MAN 2 Banjarnegara

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – MAN 2 Banjarnegara menggelar Masa Ta’aruf Siswa Madrasah bagi peserta didik baru di tahun pelajaran 2021/2022 melalui Zoom Meeting diikuti 493 peserta dari siswa, guru mata pelajaran, dan guru bimbingan konseling, Selasa (13/7/2021).

Dalam kesempatan itu, MAN 2 Banjarnegara menghadirkan narasumber dari Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI), Dr Tuswadi untuk memberikan wawasan yang luas terkait manajemen belajar yang efektif bagi peserta.

Selama satu jam, Tuswadi yang juga Direktur Politeknik Banjarnegara tersebut memaparkan ilmunya berdasarkan pengalaman pribadi dengan mengambil tema “Berprestasi dan Sukses di Masa Pandemi”.

Di sela-sela kesempatannya, Tuswadi menyampaikan ada 4 tips sukses menjadi peserta didik teladan di sekolah. Pertama, membulatkan dan meluruskan niat untuk menuntut ilmu di sekolah dengan mengharap ridha Allah SWT.

“Oleh karena itu, semua harus dilakukan dengan cara yang benar dan penuh kesungguhan,” ujarnya.

Tuswadi memberikan nasehat kepada para peserta didik agar berpenampilan bersih, rapi, dan wangi. Selain itu, disiplin hadir dan saat pulang sekolah, menjaga stamina tubuh dan otak, serta menjaga pergaulan dan sopan santun.

Kedua, memaksimalkan kecintaan dan kebiasaan dalam satu mata pelajaran yang mengarah ke cita-cita. Peserta didik tidak harus pintar, semua mata pelajaran yang penting adalah kesungguhan dalam mempelajarinya.

“Terhadap satu mata pelajaran favorit, harus benar-benar dijaga sehingga ke depan bisa untuk mendukung cita-cita,” kata Tuswadi.

Kemudian yang ketiga, selalu belajar secara adil untuk semua mata pelajaran agar meraih nilai raport dan ujian akhir dengan optimal.

“Sesulit apapun mata pelajaran dan semenyebalkan apapun seorang guru, jangan pernah menyerah atau membenci guru. Tetap ikuti pelajarannya dengan baik,” tuturnya.

Keempat, menjaga kebersihan, kesucian, dan keindahan tempat tinggal untuk mendukung proses belajar di rumah.

Lebih lanjut, Tuswadi menyampaikan agar penting untuk menghadirkan buku-buku pengasah otak, menyusun dan melaksanakan jadwal harian di rumah dengan penuh disiplin.

“Manfaatkan waktu senggang untuk hobi agar mengembangkan bakat. Jika perlu, anak sekolah pada lingkungan terdekat untuk membuat kelompok belajar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Banjarnegara, Ridlo Pramono mengatakan, para peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan dengan menghadirkan narasumber, Dr Tuswadi tersebut.

Pihaknya meyakini apa yang disampaikan oleh Doktor Pendidikan yang juga penulis buku best seller “Inspirasi Keluarga Pembelajar Negeri Sakura” ini mampu menyuntikkan semangat belajar yang luar biasa bagi peserta didik untuk menjadi pembelajar-pembelajar hebat di sekolah yang dipimpinnya.

“Apalagi MAN 2 Banjarnegara terkenal sebagai Madrasah “Para Juara” sehingga dengan mengundang insan-insan hebat seperti Dr Tuswadi untuk menjadikan inspirasi para peserta didik sehingga sekolah akan menjadi lebih cepat maju,” pungkasnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *