14/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

HUT Pramuka ke-60, Ini Harapan Danramil Adipala

CILACAP (BANYUMAS POS) – Danramil 08/Adipala, Kapten Inf Kadisan menghadiri kegiatan renungan dan ulang janji peringatan HUT Pramuka ke-60 yang diselenggarakan Kwartir Ranting Adipala secara virtual di Aula Korwil Bidik Kecamatan Adipala, Jumat (13/8/2021) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Adipala, Teguh Prastowo, Danramil 08/Adipala, Kapten lnf Kadisan, Kapolsek Adipala, AKP Budi Suryanto, Ketua Korwil Kecamatan Adipala, Siti Rosana, dan pengurus Kwaran Kecamatan Adipala, Taufik Maywuri.

Kegiatan renungan dan ulang janji bertemakan “Berbakti Tanpa Henti”, dilakukan secara virtual yang diperingati oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah dan diikuti seluruh anggota se-Jawa Tengah.

Dalam amanatnya, Ketua Kwarda Jateng Atikoh, Ganjar Pranowo mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Kendati digelar dengan virtual, namun tidak mengurangi rasa khidmatnya acara.

“Insyaallah, tidak mengurangi hikmahnya, karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Apalagi sekarang masih PPKM, tentu semua kegiatan harus benar-benar disiplin protokol Kesehatan,”ujarnya.

Dalam kegiatan ini, para anggota mengulang janji Pramuka dengan mengucapkan janji Tri Satya sebagai wujud komitmen sebagai anggota Pramuka. Janji itu bukan sekadar janji, tetapi mengandung komitmen atas kewajiban kepada Tuhan, negara, masyarakat, serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka.

“Janji Pramuka diulang setiap tahun, untuk menguatkan komitmen. Harapannya, janji itu bisa diimplementasikan untuk memajukan gerakan pramuka, baik gugus depan, kwartir ranting, kwartir cabang maupun di kwarda,” kata Atikoh, Ganjar Pranowo.

Menyikapi amanat Ketua Kwarda Jateng tersebut, Danramil Adipala berharap semoga dengan janji yang diulang ini menjadikan semangat dan komitmen baru bagi para Pramuka untuk mengabdi dalam kehidupan bakti di gerakan pramuka, serta mengabdi tanpa henti untuk masyarakat dan negara.

“Anggota pramuka, harus bisa menjadi duta perubahan perilaku,” kata Danramil.

Sehingga diharapkan bisa menjadi contoh mengubah perilaku masyarakat luas untuk hidup lebih sehat, disiplin, dan bisa membantu tetangga (Jogo Tonggo)

“Dan bermanfaat untuk masyarakat banyak seperti yang diharapkan Ketua Kwarda Jateng dalam amanatnya,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *