13/09/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

HUT ke-63, Haryono Minta Pererat Soliditas PEPABRI dengan FKPPI di Cilacap

CILACAP (BANYUMAS POS) – PEPABRI dan FKPPI Cilacap menggelar tasyakuran dalam rangka HUT ke-62 PEPABRI dan HUT ke-43 FKPPI. Tasyakuran digelar di Kantor Sekretariat PAC PEPABRI Jalan Tengger No. 59 Kelurahan Sidanegara, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Senin (13/9/2021).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua PC Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra putri TNI-Polri (FKPPI) Cilacap diwakili Koko Harmono Effendy beserta anggota, Ketua PAC PEPABRI Cilacap, Letkol Laut (Purn) Haryono dan Danramil 01/Cilacap, Kapten Inf Saidin.

Hadir pula, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Cilacap, Ekanto Wahyuning Santoso, PERIP (Persatuan Istri Purnawirawan), Warakawuri (Janda TNI-Polri) serta para Veteran Cilacap.

Acara ditandai dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada salah satu anggota PEPABRI dan perwakilan anggota dari FKPPI Kabupaten Cilacap. Kegiatan diawali tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Surengrono Jeruklegi dilanjutkan tasyakuran.

Dalam amanatnya, Ketua Umum DPP PEPABRI Letjen TNI (Purn) Agum Gumelar menyampaikan beberapa pesan dihadapan seluruh Ketua DPD/DPC PEPABRI antara lain selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa, menjadi pelopor dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 dalam menerapkan Prokes, selalu mengedepankan solidaritas dan soliditas serta tetap menjaga silaturahmi antar anggota PEPABRI.

Ketua PAC PEPABRI Cilacap, Letkol Laut (Purn) Haryono saat ditemui mengungkapkan, pada moment HUT ke-62 ini semoga dapat menambah kebersamaan dan mempererat soliditas antara PEPABRI dan FKPPI di Cilacap.

“Ini Pesan Ketua DPP PEPABRI untuk kita semua dan hal ini harus kita kita laksanakan. Dan pesan beliau bapak Agum Gumelar pertama agar kita menjadi contoh kedislipinan dalam menjalankan Protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” katanya.

Kedua, lanjut Haryono, jangan terlalu memperhatikan isu politik. “Jadi kita selalu bisa mempedomani jiwa sapta marga dan tribrata agar tetap dilaksanakan. Kemudian jangan termakan isu-isu maupun hoax, setiap adanya informasi harus dicari kebenarannya terlebih dahulu,” imbuhnya.

Ia berharap silaturahmi ini agar tetap terjalin dengan baik dan semoga pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga dapat beraktifitas seperti biasa. “Yang utama kita menyatu bersamaan baik PEPABRI maupun FKPPI untuk membangun Indonesia kedepan agar menjadi Indonesia yang sehat, tumbuh dan lebih maju,” ujarnya.

Koko Harmono Effendy perwakilan FKPPI Cilacap menambahkan, disamping HUT PEPABRI yang ke-62, juga bersamaan dengan HUT FKPPI ke-43, sehingga tasyakuran ini digelar secara bersamaan.

“Jadi antara bapak dan anak merayakan ulang tahun bersamaan di tanggal yang sama yakni 13 September. Mudah-mudahan FKPPI dengan PEPABRI di Cilacap dapat bersinergi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Cilacap, Ekanto Wahyuning Santoso menyatakan sebagai bagian dari organisasi keluarga besar TNI-Polri berharap ingin turut serta berperan aktif membangun Cilacap dalam mengatasi pandemi Covid-19.

“Harapan kami kedepan, peran serta kami baik PPM, FKPPI maupun PEPABRI di Cilacap akan sangat terlihat nyata di mata masyarakat,” ucapnya.

Ekanto menyampaikan bahwa pihaknya sebagai bagian dari ormas keluarga besar TNI-Polri ini mandiri dan bukan bagian dari organisasi salah satu Parpol. “Di dalam anggota kami, baik PPM, FKPPI maupun PEPABRI ada di dalam bagian organisasi politik, sifatnya tidak berhubungan dengan organisasi kami. Ini jelas sangat independen” tegasnya.

Ia menambahkan, itu adalah kegiatan dari pribadi masing-masing. Menurutnya, itu bagian dari hak politik dari setiap masyarakat atau warga negara.

“Banyak arahan dari pembina kita dalam hal ini Dandim 0703/Cilacap yang memberikan suatu arahan untuk tidak boleh mengarahkan organisasi ini kepada salah satu kegiatan di Parpol selain daripada hak politik dari masing-masing anggota organisasi kami,” tandasnya.

Dalam kesempatannya, Ekanto Wahyuning Santoso juga menyampaikan ucapan selamat HUT PEPABRI dan FKPPI Cilacap. “Semoga tetap jaya dan selalu menjaga Protokol kesehatan serta bersama-sama menanggulangi Covid-19 di Cilacap sesuai kemampuan masing-masing,” tutupnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *