23/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Hujan Deras, Jalan Panusupan Rembang Longsor

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Hujan deras yang merata di Kecamatan Rembang mengakibatkan peristiwa longsor di ruas jalan Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kamis sore (21/10).

Area longsor yang terjadi sepanjang 16 meter dengan lebar badan jalan yang terkena longsor 2 meter. Kejadian longsor itu membuat aktivitas lalu lintas terhambat.

Menurut Kepala Desa Panusupan, Surismi, kejadian sekitar pukul 16.00 WIB itu berlangsung singkat. Pasalnya hujan dengan intensitas tinggi membuat potensi longsor semakin besar.

“Di desa kami ini memang lokasinya rawan longsor, salah satunya ya di ruas jalan penghubung Panusupan Rajawana, kanan kirinya tebing dan jurang. Kami sudah melaporkan ke pimpinan untuk menunggu arahan selanjutnya,” terangnya.

Saat ini, lanjut Sirismi, masyarakat berencana menutup akses jalan ke wilayah tersebut. Karena meski masih bisa dilalui namun potensi ancaman jiwa karena jalan tersisa sedikit, rawan bahaya.

Sementara, Serda Yatin Subagyo Babinsa Koramil 13/Rembang, Kodim 0702/Purbalingga saat dikonfirmasi mengatakan, jika pengalihan jalan ke sebelah timur badan jalan yang longsor, melambung kurang lebih 2 KM.

“Kalau lewat timur jalan belum aspal dan ngepres sekali hanya muat untuk satu mobil kecil,” jelas Serda Yatin.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat selalu waspada dan bersikap proaktif untuk membantu melaporkan setiap adanya bencana yang ada di lingkungan sekitar supaya cepat mendapat penanganan cepat dari instansi terkait. Dan warga diminta agar lebih berhati-hati, khususnya bagi warga Desa Panusupan yang tinggal di tempat rawan bencana.

“Tetap waspada, bagi warga yang bermukim di daerah rawan bencana, tebing, sungai besar dan lainnya terutama jika hujan lebat turun dan terus menerus,” ujarnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *