12/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Hariyanto : Pemkab Agar Memikirkan Dampak Dalam Membuat Kebijakan

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Dalam masa PPKM darurat ini, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto menginginkan penyekatan jalan diperlebar sampai wilayah Kecamatan Gombong. Sebelumnya diberitakan bahwa nantinya jalan nasional yang melewati Gombong akan dialihkan ke jalan nasional wilayah Selatan.

“Sekarang kan masih di 6 titik, besok kita perlebar sampai Gombong, kendaraan kita alihkan ke selatan,” kata Bupati.

Sementara itu, menurut Ketua Komite Kajian Kebijakan Daerah (K3D) Kebumen, Hariyanto Fadeli mengatakan, PPKM Darurat bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, namun saat ini di Kebumen justru bergeser dari tujuan awal menjadi penutupan akses jalan.

“Kalau penyekatan dalam rangka membatasi aktivitas dan mobilitas warga pada malam hari, monggo lah, namun, kalau siang hari juga dibatasi, warga masyarakat yang punya kebutuhan hidup dan harus mencari nafkah di siang hari juga ikut dibatasi sehingga menimbulkan dampak,” ujarnya, Senin (12/7/2021).

Hariyanto meminta agar Pemkab Kebumen lebih memikirkan dampak terhadap masyarakat dalam membuat kebijakan agar tidak menimbulkan kerugian. Ia menilai, dalam pembatasan kegiatan, warga masyarakat Kebumen sudah cukup responsif dalam mematuhi gerakan sehari di rumah saja.

Pihaknya meminta agar hak hidup warga negara dalam mencari pekerjaan dan memenuhi kebutuhan dasar agar dihargai, khususnya warga masyarakat Kebumen.

“Kebijakan yang merugikan masyarakat hanya cerminan implementasi dari sebuah konsep tanpa dasar,” tegasnya. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *