21/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Hari Jadi Kebumen ke-392, Pemkab Kebumen Gelar Upacara Dengan Berpakaian Adat Jawa

KEBUMEN (BANYUMAS POS) – Upacara memperingati Hari Jadi Kebumen ke-392 tahun 2021 ini digelar dengan nuansa yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Upacara yang digelar di halaman pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Sabtu (21/8/2021) cukup sederhana.

Tidak ada satu pun ucapan selamat dalam bentuk karangan bunga yang terpajang di halaman pendopo.

Upacara juga hanya menghadirkan sejumlah masyarakat dari berbagai kalangan seperti nelayan, tukang becak, pengrajin genteng, petani, budayawan, pengusaha Tiongho, TNI/Polri dan juga para pelaku UMKM.

Menariknya, semua tampak berpakaian baju adat jawa, termasuk Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang terlihat gagah mengenakan baju adat Jawa seperti baju kebesaran yang dipakai oleh para bupati Kebumen di masa dahulu.

Termasuk Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama yang hadir dalam kegiatan tersebut juga mengenakan pakaian adat Jawa.

Upacara Hari Jadi dihadiri Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, seluruh jajaran Forkompinda, para Pimpinan OPD, alim, ulama, para pimpinan Parpol, serta tamu undangan lain. bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Bupati mengatakan, peringatan hari jadi Kebumen tahun ini menggambarkan kebersamaan seluruh rakyat Kebumen “Manunggaling Rakyat” dimana seluruh masyarakat diharapkan bersatu padu membangun Kebumen ke arah yang lebih baik. Terlebih di masa pandemi ini. Semua diharapkan bisa kembali pulih.

Lanjut Bupati, dengan visi misi bupati dan wakil bupati sekarang ini, untuk mewujudkan Kebumen yang mandiri, sejahtera dan berakhlak ini sejalan dengan kondisi pandemi saat ini.

“Kita harus kuat, kompak. Kita yakin dengan kekompakan ini, pandemi bisa kita atasi, ekonomi bisa kembali pulih,” tegas Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.

Peringatan hari jadi Kebumen juga disertai dengan pemberian penghargaan kepada aparatur pemerintahan, dan masyarakat sipil yang berprestasi antara lain, Kepala Desa, anggota Kepolisian, para Nakes, penggiat sosial kemasyarakatan, Tokoh Agama dan juga ada dari kalangan politisi.

Pemkab Kebumen juga kembali menyalurkan Bantuan sosial berupa paket sembako kepada masyarakat. Bantuan perahu untuk nelayan, motor roda tiga untuk Desa dan grobak sampah.

Termasuk di hari jadi ini, di pendopo rumah dinas bupati diadakan vaksinasi untuk masyarakat dengan 4000 dosis berupa vaksin moderna dari TNI/Polri.

Acara turut dimeriahkan dengan tarian tradisional khas Kebumen, berupa Tari Cepet, dan Tari Lawet. Lalu ada juga acara jamasan, yakni pembersihan alat pusaka milik pemkab Kebumen seperti keris dan tombak. (Lia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *