10/04/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Gus Wahid Jumali Resmi Membuka PKD Ansor di Desa Kaliajir

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Dengan penuh semangat tinggi, Gerakan Pemuda Ansor PAC Purwonegoro mengadakan PKD (Pelatihan Kepemimpinan Kader Dasar) yang pertama dengan peserta dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Purwonegoro.

Pelatihan resmi dibuka oleh PC GP Ansor Banjarnegara, Gus Wahid Jumali. Dalam pembukaan di hadiri, Kepala Desa Kaliajir, Katim Suhadi, MWC NU Purwonegoro dan Banom-banom NU lainya.

Gus Wahid Jumali, menjelaskan, pelatihan kali ini pertama kali di gelar oleh PAC. GP Ansor Purwonegoro. Tujuannya untuk menciptakan pemuda-pemuda yang handal dan militan terhadap organisasi dan tahu betul arti kebangsaan, hingga tidak mudah terpropokasi oleh golongan-golongan radikalisme yang mengatas namakan agama tapi adanta cuman merusak Agama dan Bangsa.

“Karena pada akhir-akhir ini banyak kejadian teroris di mana-mana. Yang mereka pahami adalah jihad, namun salah. Hal ini karena gagal dalam pemahaman arti dari jihad dengan tujuan mati sahid,” ujarnya.

Gus Wahid mengatakan, dalam jihad, seseorang harus paham seperti apa orang yang mati sahid tersebut dalam peperangan.

“Bukan kita bawa bom untuk ngebom di tempat-tempat tertentu. Apalagi di negara yang aman tidak ada peperangan. Maka, yang melakukannya tersebut bukanlah jihad tapi jahat dan bukan mati sahid tapi mati gosong,” tandasnya.

Dengan diadakanya Pelatihan ini, bertujuan juga untuk menguatkan akidah hingga tidak mudah tergoyahkan untuk menjaga agama dan Bangsa.

Sementara, Ketua PAC GP Ansor Purwonegoro, Musiyam menjelaskan bahwa pelaksanaan PKD yang pertama ini kami persiapkan sejak dua bulan yang lalu.

“Pelaksanaan kegiatan ini kami tetap mematuhi protokol kesehatan karena mengingat masih susana pandemi covid 19. Pesertapun kami batasi hanya 43 peserta dari se Kecamatan Purwonegoro,” katanya.

Seluruh peserta sebelum mendaftarkan diri dan sekrining, sebelumnya sudah menyerahkan kepada petugas kesehatan Banser Husada untuk mengecek kesehatan mereka seperti cek suhu, tensi darah dan cek gula darah dan lain-lain.

“Ini semua kami lakukan untuk memberikan rasa aman dan yaman kepada semua peserta,” tutur Musiyam.

Kepala Desa Kaliajir, Katim Suhadi sangat mengapresiasi dengan digelarnya PKD Ansor ini yang mematuhi protokol kesehatan dan berjalan tertib.

“Kami berharap, semoga pemuda-pemuda yang ikut jadi peserta PKD benar -benar mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari instruktur yang sudah berpengalaman juga handal dalam bidang ke Agamaan, ke Aswajaan dan ke Bangsaan,” ucapnya.

Suhadi menambahkan, ilmu yang didapat selama mengikuti pelatihan ini nantinya dapat menciptakan kekondusifan di lingkungan masing-masing.

Satkoryon Banser Purwonegoro menyampaikan masalah keamanan sudah menyiapkan beberapa personil untuk menjaga keamanan agar pelaksanaan PKD berjalan tertib, aman dan lancar sampai dengan selesai.

“Untuk masalah bidang kesehatan, kami serahkan kepada Banser Husada selaku penanggungjawab,” kata Satkoryon Banser Purwonegoro.

Dengan hadirnya Gus Muhamad Ulil Albab dalam pelatihan kali ini membawa suasana yang berbeda sehingga menambahkan rasa semangat kepada semua peserta dalam kegitan PKD tersebut. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *