06/06/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Guru SD IT AL Ihsan Banjarnegara Raih Juara l Lomba Menulis Surat untuk Kartini 2021 di Jepang

BANJARNEGARA (BANYUMAS POS) – Kabar membanggakan datang dari Negeri Matahari Terbit. Seorang guru asal Banjarnegara, Dwi Fatmawati, S.Pd, seorang guru SD IT AL Ihsan Banjarnegara mengukir prestasi dengan meraih juara l Lomba Menulis Surat untuk Kartini 2021.

Lomba yang digelar oleh Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Osaka di Jepang diikuti oleh kalangan mahasiswa dan umum.

Dikutip dari laman resmi Facebook KJRI Osaka, Pengumuman pemenang lomba menulis “Surat untuk Kartini” dirilis 31 Mei 2021 setelah proses penilaian terhadap seluruh peserta yang telah masuk.

Tim penilai telah memilih 3 karya “Surat untuk Kartini” terbaik yang dinilai memenuhi kriteria yang ditentukan.

Ketiga penulis “Surat untuk Kartini” terbaik tersebut yakni Dwi Fatmawati Ahmad Sumaryo sebagai pemenang l, Gusri Zepman pemenang ke ll, dan Pemenang III diraih Zaini.

Ia tercatat sebagai guru SD IT Al Ihsan Banjarnegara di Desa Tapen, namun ia tengah menjalani tugas belajar S-2 di Graduate School of Humanities and Social Sciences, Hiroshima University di Jepang untuk periode kelulusan Oktober 2021.

Dwi merupakan alumni SMA N 1 Wanadadi dengan gelar yang disandangnya yakni Sarjana Pendidikan Bimbingan Konseling jebolan FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Pada tahun 2017 lalu, Dwi juga pernah mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Indonesia ke Negeri Oshin. Kini Dwi tengah menyelesaikan thesis S-2 mengenai persepsi orang tua terhadap pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus mengambil dua sekolah di Banjarnegara yakni SLB Negeri 1 Banjarnegara dan SLB Negeri 1 Mandiraja.

Studi S-2 ditempuh olehnya menggunakan sponsor beasiswa JASSO dari Kementrian Pendididikan Jepang dan Yahata Memorial Fund Foundation di kota Hiroshima.

Guru muda asal Desa Tapen tersebut saat lulus nanti di bulan Oktober 2021, memiliki gelar S-3. Hingga kini, setidaknya ada 8 lulusan S-2 dan S-3 Hiroshima University asal desa Tapen di kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara.

Mereka yang berprofesi sebagai guru di SD IT Al Ihsan Banjarnegara sebanyak 2 orang. Sedangkan guru SMP sebanyak 3 orang, guru SMK sebanyak 1 orang, dosen sebanyak 1 orang dan staf kantor Facebook di Thailand sebanyak 1 orang.

Guru SD IT AL Ihsan Banjarnegara, Dwi Fatmawati Ahmad Sumaryo mengatakan bahwa ini merupakan prestasi di luar kampus pertama yang ia raih.

Dia menambahkan, prestasi yang telah diraihnya ini di balik kesibukannya dalam menyelesaikan studi S-2 di Jepang.

“Saya juga rajin menulis dan menerbitkan buku, mengikuti jejak paman saya Dr Tuswadi, yang juga alumni S-2 dan S-3 Hiroshima University,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan, setelah selesai wisuda nanti, ia akan langsung pulang ke Indonesia kembali membangun Desa menjadi seorang guru.

“Mohon doa dari seluruh masyarakat agar lancar dan sukses,” ucapnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *