04/08/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Guntur : Masyarakat Diharapkan Menjadi Sehat dan Tidak Takut Covid Setelah Divaksin

CILACAP (BANYUMAS POS) – Dalam Rangka mendorong percepatan vaksinasi serta menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 76, DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Cilacap menggelar vaksinasi massal yang bertemakan “Vaksin Merdeka” di kantor DPD PAN Cilacap, Rabu (4/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Teti Rohatiningsih bersama Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi meninjau jalannya vaksinasi massal yang digelar PAN Cilacap.

Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji mendorong percepatan vaksinasi yang dilakukan oleh sejumlah pihak, salah satunya oleh DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Cilacap. Dan untuk mencapainya, kegiatan vaksinasi massal seperti ini diharapkan dapat membantu mencapai target tersebut

Tatto menyampaikan bahwa angka kasus Covid-19 di Kabupaten Cilacap sedang tinggi, namun dengan adanya vaksinasi massal ini diharapkan angkanya akan menurun.

“Untuk melawan virus corona, senjatanya yaitu vaksin. Dengan vaksin, akan tercapai herd immunity dan imun menjadi kuat. Yang jelas kita harus tetap menjaga kesehatan dan selalu patuhi Prokes 5M,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, dr Pramesti Griana Dewi menambahkan bahwa target Pemkab Cilacap sendiri 1,5 juta vaksin sampai akhir Desember 2021.

Pramesti menjelaskan, vaksin yang diterima hingga saat ini baru sekitar 280 ribu dosis. Dan sudah disuntikan dosis yang pertama sekitar 120 ribu dosis dan dosis yang kedua sekitar 90 ribu dosis.

“Jadi setiap mendapat dopping vaksin, langsung segera kita habiskan karena banyak sekali yang membutuhkan dan menginginkan vaksinasi ini,” katanya.

Menurutnya, antusiasme masyarakat di Cilacap untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi, terbukti baik melalui vaksinasi massal seperti ini (offline) maupun melalui pendaftaran online.

“Pendaftaran online akan kita buka kembali besok pagi pukul 08.00 WIB. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi done server, karena terlalu banyak yang mendaftar sampai ribuan orang,” ungkapnya.

Ia mengakui, ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi di Cilacap yakni jumlah vaksin yang diterima belum sesuai dengan kebutuhan dan masih sangat sedikit. Namun pihaknya terus berupaya agar terpenuhi capaian target 1,5 juta vaksin.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana vaksinasi merdeka PAN Cilacap, Guntur Sucipto mengatakan, sasaran vaksinasi ini mentargetkan 200 peserta. Namun kemungkinan akan ada sedikit tambahan.

“Kami dari DPD PAN Cilacap mendapat jatah sebanyak 2000 dosis vaksin dan ini baru tahapan pertama vaksinasi. Kita rencananya ada beberapa tahapan yang akan dilaksanakan kembali,” jelasnya.

Peserta vaksinasi tahap pertama ini diikuti oleh masyarakat sekitar kantor DPD PAN sebanyak 2 RW. Adapun Ketua, Sekretaris, Bendahara, ranting dan masyarakat di wilayah Kecamatan Dapil Kota berjumlah 200 orang.

“Dengan melihat antusiasme warga masyarakat mengikuti vaksin, kami merasa senang dan berharap kedepan masyarakat Cilacap menjadi sehat, tidak takut lagi dengan Covid setelah divaksin. Artinya dapat menjaga lingkungan lebih sehat, terutama keluarga,” pungkasnya. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *