01/12/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Gudang Kayu di Purbalingga Alami Kebakaran

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Peristiwa kebakaran terjadi di wilayah Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu (01/12) pagi. Sebuah gudang pabrik kayu milik UD Berkat Jaya di Desa Kaligondang RT 01 RW 02, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, terbakar.

Berdasarkan data yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 WIB dan setidaknya terdapat empat unit mobil pemadam kebakaran yang ikut turun di lokasi kebakaran hingga api dapat dijinakkan setelah 2 jam petugas bersama masyarakat berjibaku memadamkannya.

Menurut keterangan saksi Trimo (35) dan Suwono (40) karyawan dari pabrik kayu tersebut jika awal kejadian mereka melihat ada kepulan asap disusul kobaran api yang bersumber dari gudang limbah serbuk gergajian yang ruangannya berukuran 12 x 6 meter.

“Dari dalam gudang tiba-tiba ada kepulan asap dan tidak lama langsung keluar api yang cepat membesar,” katanya.

Selanjutnya, Suwono (40) beserta dua rekan kerjanya berupaya melakukan pemadaman menggunakan alat seadanya, namun api makin membesar sehingga pihaknya segera menghubungi Pemadam Kebakaran, Koramil 02/Kaligondang dan Polsek.

Sementara, Babinsa Koramil 02/Kaligondang Kodim 0702/Purbalingga, Pelda Waluyo yang turut turun di lokasi kejadian saat dikonfirmasi mengatakan jika api berhasil dipadamkan dalam waktu sekitar 2 jam setelah petugas Pemadam Kebakaran beserta 4 unit mobil Pemadam Kebakaran turut turun memadamkannya.

“Api berhasil dipadamkan pukul 11.00 WIB, tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Diperkirakan kerugian mencapai Rp 20 juta,” terangnya.

Ia menambahkan, dari keterangan sejumlah saksi diduga api berasal dari gesekan mesin gergaji kayu yang sudah tumpul. Sehingga saat digunakan mengakibatkan percikan api yang kemudian menyebabkan kebakaran.

“Percikan api dari mesin gerjaji diduga membakar serbuk gergajian kayu yang kemudian menjalar ke gudang penyimpanan limbah serbuk kayu tersebut,” pungkasnya. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *