22/07/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Gubernur Jateng Tinjau Vaksinasi Massal di Cilacap Dilanjutkan Rembug Desa

CILACAP (BANYUMAS POS) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Gedung Tenis Indoor, Jalan dr. Sutomo Kelurahan Sidanegara, Cilacap Tengah, Kamis (22/7/2021).

Dalam kunjungannya tersebut, Gubernur didampingi Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi serta unsur Forkompimda Kabupaten Cilacap lainnya. Tinjauan ini dilaksanakan disela Kunjungan kerjanya dalam program Rembug Desa di Kabupaten Cilacap.

Dalam kesempatan itu, Ganjar Secara simbolis menyerahkan peralatan Oxygen Concentrator dan dua tabung gas dari Pertamina RU IV Cilacap kepada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

Gubernur menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya melakukan percepatan vaksinasi. Salah satunya dengan menyiapkan desain rencana percepatan agar naik 300 persen. Saat ini capaian vaksinasi baru seperlima dari target. Oleh karena itu, Pemprov Jateng mengajukan tambahan 2,4 juta dosis vaksin per minggu kepada pemerintah pusat.

“Akhir tahun kita targetkan pencapaian herd immunity 70 persen. Kalau kita bisa dapat 2 juta dosis vaksin per minggu, insya Allah bisa tercapai”, kata Ganjar di sela tinjauan.

Ganjar berharap, vaksin-vaksin ini akan memperkuat upaya Pemerintah dalam mempercepat program vaksinasi Nasional sehingga kekebalan komunal bisa segera tercapai.

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang digelar ini merupakan vaksinasi dosis ke dua dengan sasaran 1.730 orang yang terdiri dari delapan kelompok masyarakat yang sudah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Pelaksanaan vaksin terdiri dari 11 Tim vaksinator gabungan antara lain Polri, TNI, dan Rumah Sakit di Cilacap.

Untuk peserta vaksinasi meliputi anggota Polri, Pegawai PLN, Pegawai Bank Jateng, Karyawan PT. DUS, Karyawan Swalayan Rita Pasar Raya, Pegawai BCA, karyawan Alfamart dan Pegawai BKK BPR.

Terkait vaksinasi, sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi menjelaskan, dari target semula 1,1 juta jiwa, Kabupaten Cilacap mendapatkan tambahan kuota, sehingga target total kini menjadi 1,5 juta jiwa.

Untuk mendorong percepatan serta memberikan kemudahan akses layanan vaksinasi bagi masyarakat umum, Dinkes Kabupaten Cilacap tengah mengembangkan aplikasi pendaftaran online.

Di Kabupaten Cilacap sendiri, baru sekitar 230 ribu atau sekitar 10 persen masyarakat yang telah mendapatkan vaksin Covid-19.

Adapun program Rembug Desa yang menjadi agenda utama kunjungan Gubernur, merupakan inisiasi Gubernur Jateng untuk mengurai berbagai permasalahan yang muncul di tengah Pandemi Covid-19. Rembug Desa merupakan penguatan dari program yang telah dilaksanakan sebelumnya, yakni Jogo Tonggo.

Roadshow yang sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa kabupaten, kali ini digelar di Pendopo Kabupaten Cilacap diikuti 284 lurah/kades se-Kabupaten Cilacap secara virtual. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *