11/05/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Forkompimda Purbalingga Cek Posko Mudik dan Wisata

PURBALINGGA (BANYUMAS POS) – Dengan membagi dua Tim, jajaran unsur Forkompimda Kabupaten Purbalingga melaksanakan monitoring kesiapan Posko Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Tim 1 yang diawaki diantaranya oleh Bupati Purbalingga, Dandim 0702/Purbalingga, Kapolres Purbalingga dan beberapa pejabat Forkompimda lainnya mengecek Posko Pam Jompo, Pasar Segamas,Terminal Purbalingga, Padamara dan Objek Wisata Owabong, Selasa (11/5/2021).

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau Posko PAM di Pasar Segamas mengatakan, jumlah pemudik tahun ini terpantau mengalami penurunan bahkan dapat dikatakan landai jumlahnya.

Selanjutnya, untuk beberapa harga komoditi di beberapa Pasar Khususnya Pasar Segamas ada sedikit kenaikan namun tidak signifikan dan stoknya masih aman tercukupi.

“Pemudik masuk Purbalingga terpantau landai selanjutnya harga komoditi kebutuhan pokok di pasar juga masih terkendali meski ada peningkatan namun tidak signifikan dan stok tercukupi,” tuturnya.

Sementara, Dandim 0702/Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas mengatakan, melalui Posko Mudik, pihaknya turut menerjunkan anggotanya bersinergi untuk melaksanakan pengamanan bahkan sampai ditingkat Desa pun Babinsa aktif dan diperintahkan memantau melalui Posko PPKM Mikro tingkat Desa di masing-masing wilayah binaan Babinsa.

“Kami menerjunkan anggota bahkan Babinsa di tiap wilayah Desa binaannya saya perintahkan aktif memantau pelaksanaan mudik tahun ini lebih khusus pengawasan prosedur Protokol kesehatan melalui Posko PPKM Mikro,” jelasnya.

Kapolres Purbalingga, AKBP Fannky Ani Sugiarto mengungkapkan, melalui Posko tersebut, pergerakan pemudik dipantau agar nantinya sesampainya mereka ditingkat Desa agar segera melaporkan kedatangannya.

“Situasi saat ini masih berjalan aman, beberapa pemudik yang terjaring razia langsung dilakukan tes suhu badan dan rapid test antigen dan diberikan surat kepada Satgas Covid-19 ditingkat PPKM Mikro,” kata Kapolres.

Hal ini bertujuan agar mereka (para pemudik) masing-masing dilaporkan sehingga kedatangan mereka dapat dimonitor agar tidak ada penyebaran covid-19 yang tidak terdeteksi.

Rombongan Tim 1 juga turut memantau objek wisata Owabong guna memastikan Protokol Kesehatan (Prokes) dan aturan lainnya terkait penyelenggaraan wisata dilaksanakan. (Mar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *