07/10/2021

Banyumas Pos

Cablaka-Optimis-Berani

Forkopimda Cilacap Gelar Rakor Percepatan Vaksin dan Pencegahan Covid-19 

CILACAP (BANYUMAS POS) – Kejar pencapaian target vaksinasi, Forkopimda Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Vaksin dan Pencegahan Covid-19 di wilayah Kabupaten Cilacap bertempat di Ruang Vidcon Mapolres Cilacap, Kamis (7/10/2021).

Rakor dihadiri Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro, Dandim 0703/Cilacap diwakili Kasdim, Mayor lnf Abdul Asis Lallo, Dan Den Pomal Lanal Cilacap, Mayor Laut (PM) Wijaya dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi.

Tampak hadir, Asisten l Pemerintahan dan Kesra Setda Cilacap, Dian Setya Budi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap, Wijonardi, Kepala Dinas P dan K, Sadmoko Danardono, Kepala Kemenag Kabupaten Cilacap, H. Imam Tobroni serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap menyampaikan ucapan terima kasih atas penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap selama ini yang sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa kekurangan.

Bupati berpendapat bahwa untuk memulihkan ekonomi masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap, nomer satu yang harus diutamakan adalah kesehatan terlebih dahulu, manusianya harus sehat dan selamat.

“Kita akan sharing ngobrol-ngobrol bareng sama Dandim, Danlanal, Kadinkes ataupun yang mewakili, apa yang kita dahulukan kita memulihkan ekonomi apa kesehatan dulu, kita selamatkan manusia dulu. Kita sehat, ekonomi berjalan dengan sendirinya nanti,” kata Tatto.

Lanjut Tatto, kita akan perang melawan Covid-19, menyelamatkan saudara kita yang terpapar Covid-19. “Alhamdulillah kita hari ini diberikan keselamatan dan kesehatan. Atas nama pribadi, Pemerintah Kabupaten Cilacap, saya mengucapkan terima kasih kasih atas penanganan Covid-19 selama ini sudah berjalan dengan baik. Kita sama-sama bekerja dengan lapisan Pemerintah untuk penanganan Covid-19,” ucapnya.

Dalam rakor tersebut, Kapolres Cilacap, AKBP Eko Widiantoro memaparkan jumlah warga yang terkonfirmasi Covid-19 per 6 Oktober 2021 termasuk kasus aktif, angka kesembuhan, angka kematian, dirawat, Isoman, jumlah vaksin yang telah diterima dan digunakan serta target sasaran vaksinasi, termasuk Vaksinasi Merdeka Candi Bulan Oktober 2021.

Sementara, Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap, dr. Pramesti Griana Dewi, juga memaparkan beberapa kendala dalam penanganan Covid-19 diantaranya kekurangan vaksin dengan target sasaran dosis 1, dosis 2 dan dosis 3 serta kemampuan Faskes.Total Target yaitu 1.532. 617 sasaran atau 3.071.046 dosis (dosis 1, dosis 2 dan dosis 3).

Kemampuan vaksinasi Kabupaten Cilacap, Faskes mampu vaksin sebanyak 95 Faskea, kemampuan vaksinasi RS 500 dosis /hari, Klinik dan PKM 300 dosis /hari, RS (12× 500) 6.000 dosis /hari, Klinik (45× 300) 13.500 dosis /hari, Puskesmas (38 × 300) 11.400 dosis /hari sehingga Total kemampuan vaksinasi Kabupaten Cilacap adalah 30.900 dosis/hari atau 185.400 dosis /minggu.

“Target 90% dapat tercapai sampai dengan akhir Desember 2021 apabila distribusi vaksin ke Kabupaten Cilacap minimal sebesar 176.912 dosis/minggu,” kata Pramesti.

Selain itu Kepala Dinkes Kabupaten Cilacap juga memaparkan Strategi percepatan vaksinasi serta perencanaan kegiatan vaksinasi yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini melalui Phizer untuk RS maupun manual untuk PKM dan Klinik 300 dosis/hari untuk pelajar dan Masyarakat Umum (38-45).

Sehingga total target minggu 37 adalah 185.400 dosis. Adapun beberapa hambatan lainnya diantaranya masih adanya dosis 1 dan 2 masal dan terdapat masalah klaim vaksinator. (Gal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *